Kabar IndonesiaKesehatan

Zona Hijau, Karimunjawa Diperketat

ENERGIBANGSA.ID (Jepara) – Karimunjawa sebagai wilayah terpisah dari daratan Kabupaten Jepara hingga saat ini masuk kategori sebagai kawasan zona hijau. Hal ini lantaran belum ada satupun kasus positif Covid-19. Para pelaku perjalanan dan para pendatang yang masuk ke wilayah tersebut juga diperketat.

Satgas Covid-19 Kecamatan Karimunjawa, Srianto mengatakan karena masih masuk kategori zona hijau, berbagai upaya terus dilakukan untuk mempertahankan status wilayah tersebut. Sementara itu, sedikitnya terkonfirmasi 188 kasus positif di Kabupaten Jepara.

Sejak awal pandemi, Karimunjawa telah memperketat akses masuk. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) bahkan Jepara mengeluarkan surat edaran tentang antisipasi penyebaran Covid-19. Di mana salah satu poinnya yakni untuk sementara waktu wisatawan asing dilarang berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa dan terhadap wisatawan asing yang sudah berada di Karimunjawa dilakukan pemantauan.

Kegiatan snorkling di Pulau Karimunjawa
(dok: istimewa)

Antisipasi itu juga berlanjut dengan dikeluarkannya surat edaran dari Camat Karimunjawa, dimana warga Karimunjawa dihimbau untuk tak keluar masuk pulau jika tidak dalam kondisi mendesak.

Saat ini, upaya menjaga Karimunjawa masih terus dilakukan. Akses masuk ke Karimunjawa mulai dibuka untuk orang di luar Karimunjawa, namun dengan syarat-syarat tertentu. Hal tersebut berdasarkan hasil rapat koordinasi Satgas Kecamatan Karimunjawa awal Juni lalu.

Dalam hasil rakor itu disepakati beberapa pihak di luar masyarakat Karimunjawa bisa masuk dengan syarat yang ketat. (dd/diskominfojepara)

Related Articles

Back to top button