fbpx
Pendidikan

Pengabdian, Dosen USM Beri Pelatihan Food Photography bagi UMKM

SEMARANG, energibangsa.id – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di era digital dituntut kreatif dan inovatif dalam memasarkan produknya.

Hal itu agar dapat diterima oleh target konsumen secara lebih luas.

Perkembangan bisnis kuliner membuat para UMKM yang bergelut di bidang kuliner harus mencari inovasi produk dengan cara melakukan pemasaran dan penjualan secara online dan digital.

Salah satu yang diperlukan dalam kegiatan promosi dan penjualan online adalah foto produk.

Foto produk ini dalam dunia kuliner biasa disebut dengan food photography.

Efektif dalam pemasaran

Dengan kualitas foto yang menarik dan estetik tentunya dapat memberi dampak yang efektif dalam proses pemasaran.

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) melalui program pengabdian masyarakat menggelar kegiatan ketrampilan yang menyasar kepada pelaku UMKM di gedung Q, FTIK USM, Kamis (25/3/2021).

Tak sedikit pelaku UMKM yang tergabung Komunitas ‘Patner Gofood’ menjajal kemampuan pengolahan fotografi kuliner (food photography) dengan menggunakan kamera smartphone.

Ketua tim pengabdian, Citra Safira, menjelaskan pentingnya pelatihan food photography bagi anggota pelapak gofood .

Tingkatkan citra visual menarik

“Tujuannya, untuk meningkatkan citra visual yang menarik. Selain itu, agar dapat menjangkau perhatian calon konsumen melalui aplikasi online”, ujar Citra seperti disampaikan pada energibangsa.

Sementara itu, Sulis yakni salah satu peserta pelatihan berharap agar kegiatan ini benar-benar memberikan manfaat bagi dirinya.

“Fotografi kuliner sangat bermanfaat dalam proses pemasaran produk melalui aplikasi online, “ ujarnya.

Pengabdian, Dosen USM Beri Pelatihan Food Photography bagi UMKM
Prodi Ilmu Komunikasi USM melalui program pengabdian masyarakat menggelar kegiatan ketrampilan bagi pelaku UMKM di gedung Q, FTIK USM, Kamis (25/3/2021)

Peserta lainnya,  Novi juga berharap agar kegiatan serupa akan terus diselenggarakan secara berjenjang. Ia berharap untuk mengikuti kegiatan selanjutnya.

“Kami harap kegiatan ini bisa berlanjut di periode selanjutnya. Karena acara seperti ini sangat bermanfaat bagi UMKM khususnya di bidang kuliner,” ujar Novi.

Secara terpisah, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Fajriannoor Fanani menginginkan agar kegiatan ini bisa terus berlanjut.

Bagian dari pengabdian masyarakat

“Apalagi di tengah pandemi seperti ini, ilmu seperti ini tentunya akan sangat diperlukan, “ujar dosen muda itu.

Menurutnya, dengan berbagi ilmu kepada masyarakat, USM juga turut berkontribusi untuk memberikan pengabdian langsung kepada masyarakat.

“Materi tentang food photography harapannya dapat menghasilkan foto produk yang sangat menarik, yang nantinya dapat digunakan untuk pemasaran sehingga meningkatkan penjualan, “ pungkasnya. (Firdaus)

Related Articles

Back to top button