prof Khoirul Anwar bersama keluarga (doc tribunnews/richard susilo)
prof Khoirul Anwar bersama keluarga (doc tribunnews/richard susilo)
Energi MudaKita IndonesiaKomputerTeknologi

Penemu Jaringan 4G Adalah Orang Indonesia!

0

ENERGIBANGSA.ID – Sobat energi, tahukah kamu bahwa teknologi jaringan 4G yang kita gunakan hingga hari ini ditemukan oleh seorang profesor muda Indonesia?

Adalah Khoirul Anwar, lelaki kelahiran 1978 ini ternyata namanya cukup populer di Jepang. Khoirul Anwar menyelesaikan pendidikan sarjananya di ITB dengan predikat cumlaude pada tahun 2000.

Setelah merampungkan pendidikanya di jurusan teknik elektro lelaki yang berasal dari kediri ini melanjutkan S2 di Jepang melalui jalur beasiswa oleh Panasonic. Tidak berhenti disitu, Khoirul Anwar pun mendapatkan beasiswa S3 dari sebuah perusahaan di Jepang.

Profesor muda ini berhasil menemukan metode komunikasi yang lebih cepat dan efisien serta memiliki peningkatan kecepatan pengiriman data beberapa kali lipat dibandingan jaringan 3G yaitu teknologi 4G LTE.

Teknologi ini secara sederhana terdiri dari berbagai macam komponen. Salah satu konsep komponen ciptaan Khoirul Anwar pada teknologi 4G LTE ini adalah Fast Fourier Trasnsform (FFT).

Terinpirasi dari Dragon Ball Z

Karya anak bangsa yang satu ini ternyata terinsiprasi dari sebuah film anime jepang yaitu Dragon Ball Z. Ketika Goku tokoh utama dalam film tersebut hendak menggunakan jurus terdahsyatnya “Genki Dama” alias “Spirit Ball”, Goku akan menyerap seua energi dari makhluk hidup yang ada di alam sehingga menghasilkan tenaga yang luar biasa besar.

Oleh ayah dari 4 orang ini konsep dalam film anime Dragon Ball Z tersebut ia turunkan rumusan matematikanya untuk di terapkan pada penelitianya, karena saat itu Kkhoirul dikejar deadline pengajuan tema penelitian guna mendapatkan dana riset.

Setelah menurunkan rumusan matematikanya secara real, khoirul meminta bantuan temanya yang bernaa Hui Zhou untuk mengubah formulasi yang sudah ia buat diterjemahkan kedalam sebuah progam.

Dari konsep sederhana pada film Dragon Ball Z inilah cikal bakal adanya teknologi 4G yang diterumskan melalui konsep FFT.

Penemu Konsep Sistem 4G

Namun anak bangsa Indonesia ini memilih merendah dengan meluruskan polemik ‘penemu 4G LTE’ yang sempat viral di media beberapa waktu lalu.

“Saya tidak menulis sebagai penemu 4G LTE karena 4G LTE sendiri seharusnya memang tidak ditemukan, melainkan disepakati. Forumlah yang menyepakati teknik tertentu untuk dipakai atau tidak dipakai dalam sebuah standard,” tulisnya sebagaimana dilansir detik

Secara sederhana, teknologi LTE terdiri dari banyak sekali komponen. Di antara sekian banyak komponen pembentuknya, Khoirul pencipta salah satunya yang juga menjadi standard ITU-R.

Khoirul sendiri mengaku tidak tahu siapa yang memulai penyebutannya sebagai penemu 4G LTE. Yang pasti, dia selalu menyebutkan bahwa dirinya menemukan konsep dua FFT.

“Kalau tidak salah dimulai sekitar 2010-2011, saat 4G belum terkenal. Yang jelas saya bilang bahwa saya menemukan konsep dua FFT. Dan ternyata 4G system di masa depan menggunakan konsep dua FFT juga,” jelasnya

Gimana sobat energi ? sudah pinter rendah hati pula, siapa sangka teknologi yang kita gunakan sehari-hari adalah karya anak bangsa yang memiliki dampak besar bagi dunia telekomunikasi. Indonesia keren kan? Yuk, kita dukung SDM Indonesia semakin unggul.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

HijUp, Brand Hijab Karya Anak Bangsa yang Mendunia

Previous article

Helm Pembasmi Kanker Karya Anak Bangsa

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Energi Muda