fbpx
Kabar Daerah

Pemulihan Ekonomi Jateng di Masa Pandemi, Ganjar Juga Soroti Investasi lho..

SEMARANG, energibangsa.id – Pemprov Jateng juga berfokus pada penanganan sektor ekonomi selama pandemi ini. Hal ini juga sesuai denga napa yang dikemukakan oleh Presiden Joko Widodo saat rapat daring penanganan covid-19.

Dilansir dari jatengprov.go.id, Rabu (6/1), Presiden Joko Widodo juga menekankan tiga hal yang harus dilakukan pemimpin daerah selama pandemi. Pertama yaitu menyukseskan program vaksinasi, menggerakkan kedaulatan pangan dan kemudahan investasi.

Kunci dari pemulihan ekonomi adalah APBN. Namun, yang perlu dicatat adalah tidak semua pembangunan bisa di cover oleh APBN. Maka dari itu, Presiden Jokowi meminta agar jangan ada kementerian dan pemda yang menghambat investasi.

“Kementerian dan lembaga, harus berikan pelayanan cepat dan baik. Investasi besar ditangani oleh sendiri oleh gubernur sehingga bisa direalisasikan di lapangan,” perintah Joko Widodo.

Gubernur Jateng juga setuju akan hal tersebut. Menurutnya, agar bisa menggerakkan perekonomian di Jateng diharuskan ada peningkatan konsumsi. Maka dari itu, dengan stimula APBN dan APBD diharapkan bisa melakukan perkerjaan dengan cepat.

“Di Jawa Tengah, sejak Desember kemarin, beberapa proyek sudah kita tender. Maka harapannya ada beberapa yang bisa dilaksanakan di Januari untuk dieksekusi. Agar belanja dan konsumsi meningkat,” ungkap Ganjar.

Investasi

Investasi juga menjadi perhatian Ganjar sehingga pihakna juga proaktif berkomunikasi dengan asosiasi pengusaha seperti APINDO dan KADIN. Komunikasi juga dilakukan dengan para duta besar yang menjadi menjembatani komunikasi dengan ekosistem bisnis di luar negeri.

Ganjar melakukan penekanan pada kemudahan berinvestasi pada beberapa Kawasan industri dan Proyek Strategis Nasional (PSN). Seperti Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) yang ada di Kawasan Industri Kendal, Kawasan Industri Wijayakusuma, Kawasan Industri Bukit Semarang Baru dan Tanjung Emas Export Zones (TEPZ).

Dua Kawasan industri juga sedang dipersiapkan yaitu Kawasan Industri Aiarna di Kota Semarang dan Kawasan Industri Batang. Harapannya semua otoritas yang memberikan izin investasi bisa memberikan insentif.

Ganjar meminta kepada beberapa pekerjaan besar yang sebgaian besar dilakukan manusia sebisanya dipadat karyaakan. Maka dari itu, banyak orang berkerja mendapat penghasilan dan konsumsinya akan meningkat. (*)

Related Articles

Back to top button