Energi MudaKita Indonesia

Pemuda Asal Jepara Kalahkan Reza Rahardian dan Sederet Aktor Beken Nasional di Festival Film Indonesia 2019

ENERGIBANGSA.ID – Terpilihnya nama Muhammad Khan, aktor asal Jepara sebagai pemenang nominasi kategori Pemeran Utama Pria Terbaik Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2019, nampaknya membuat gempar seantero jagat tanah air.

Dikutip dari Kompas.com, secara mengejutkan, aktor muda asal desa Semat, Jepara itu keluar sebagai pemenang nominasi kategori Pemeran Utama Pria, dengan mengalahkan sederet aktor-aktor beken nasional, seperti Abimana Aryasatya – film Gundala, Angga Yunanda – film Dua Garis Biru, Lukman Sardi – film 27 Steps Of May, Reza Rahadian – film My Stupid Boss 2, dan Ringgo Agus Rahman – film Keluarga Cemara.

Muhammad Khan menang lewat aktingnya di film Kucumbu Tubuh Indahku garapan Garin Nugroho, yang dianggap sangat menjiwai karakter Juno, untuk tampil maskulin sekaligus feminin.

Sebuah peran yang diakui banyak orang sebagai peran yang sangat sulit, sehingga butuh waktu satu bulan lebih untuk fokus pada peran itu saja, sembari mendalami gerakan seni tari lengger.

“Makasih untuk Mas Garin yang mempertemukan saya dengan Juno. Untuk Randy Pangalila, Mas Whani Darmawan juga orang tua dan sahabat-sahabat saya untuk peran ini,” ungkap Muhammad Khan saat menerima piala secara langsung, di Graha Metro TV, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (8/12/2019).

Meski sempat ditolak sana-sini dan gelaran nonton barengnya juga pernah dibubarkan ormas di sejumlah daerah karena dianggap kontroversial, Film Kucumbu Tubuh Indahku menjadi salah satu film dengan nominasi terbanyak, yakni sebanyak 12 nominasi di FFI.

Masuk Nominasi Oscar 2020

Lebih kerennya lagi, film ini juga masuk nominasi di ajang penghargaan film paling bergengsi dunia. Sebagaimana dimaktub liputan6.com Film garapan sutradara dan Penulis Garin Nugroho terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang bergensi Oscar 2020.

Film yang membesarkan nama Muhammad Khan ini berhasil menyingkirkan beberapa kadidat seperti film Ave Maryam karya Ertanto Robby Soediskam dan 27 Steps of May karya Ravi L. Bharwani. Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ mewakili Indonesia dalam Oscar 2020 melalui kategori Best Foreign Language Film.

Persembahan untuk King Khan

Berbeda dengan kebanyakan penerima award, Muhammad Khan secara mengejutkan, mempersembahkan penghargaan itu kepada idolanya Shah Ruk Khan,

“Saya ingin memberikan ini (Piala Citra) untuk Khan yaitu Shah Rukh Khan,” ujarnya yang kemudian disusul dengan menyanyikan lagu megabintang Bollywood itu.

Sebelumnya, pemuda alumni SMA 1 Negeri Jepara itu banyak malang melintang di panggung teater. Bakat seni perannya sudah muncul sejak bangku SMA, dan semakin diperdalam dengan masuk di Institut Seni Indonesia Yogyakarta prodi teater dengan fokus minat utama Keaktoran.

Sudah Mendapat Award

Yuliana Solicha, teman SMA-nya dulu menyebut bahkan Khan memang sudah menunjukkan bakat aktingnya sejak sekolah dulu.

Sebelum memenangkan FFI 2019, Khan juga pernah menjadi aktor terbaik di sejumlah event. Sebaga informasi, selain memangkan kategori aktor pria FFI 2019, perannya sebagai Juno juga telah menyabet beberapa penghargaan seperti Tempo Film Festival 2019 dan Venice Film Festival, Orrizonti section 2018.

Wahh… bakat aktor pendatang baru asal Jepara ini tidak bisa diremehkan begitu saja ya, sobat energi. Semoga karir Muhammad Khan semakin melejit dengan prestasi tanpa sensasi, hingga menjadi aktor tingkat dunia. Amin.

Related Articles

Back to top button