fbpx
Kabar Daerah

Pemprov Fasilitasi Tukar Tanah Terkena Proyek Tol Solo-Jogja

ENERGIBANGSA.ID (Klaten) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkomitmen memfasilitasi pemerintah desa di Kabupaten Klaten,terkait tukar tanah kas desa yang dilewati proyek tol Solo-Yogyakarta.

Pemprov Fasilitasi Tukar Tanah Terkena Proyek Tol Solo-Jogja
Kegiatan fasilitasi penyelesaian kasus tukar tanah terkena proyek pembangunan jalan tol Solo-Jogja

Hal tersebut seperti disampaikan Tim Persiapan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Kepentingan Umum Prov Jateng, saat sosialisasi di Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, Kamis (13/8).

Mewakili Tim Pengadaan Tanah Provinsi Jawa Tengah, Endro Hudiyono, pihaknya berkomitmen membantu pemerintah desa agar mendapatkan haknya. Tentu saja, hal itu harus sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Perlu diketahui juga, Kabupaten Klaten merupakan daerah yang paling banyak dilewati oleh Proyek Jalan Tol Solo-Yogyakarta. Total sekitar 4.071 bidang di kabupaten yang nantinya terlintasi jalan tanpa hambatan itu.

Di Klaten, sekitar 50 desa yg tanah kasnya dilewati oleh proyek strategis nasional itu.

Pemprov Fasilitasi Tukar Tanah Terkena Proyek Tol Solo-Jogja
Pengecekan kesehatan bagi warga yang datang untuk diskusi bersama pemerintah provinsi

Staf Dispermasdes Dukcapil Provinsi Jateng, Dica Nugroho menjelaskan, ada beberapa hal yang harus disiapkan pemerintah desa terkait tukar menukar tanah kas. Di antaranya pembentukan panitia untuk mencari tanah pengganti dan beberapa dokumen terkait yang dipersyaratkan.

Kepala Desa Granting, Sinung Harjanto, menyambut baik inisiasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang akan memberikan fasilitasi tersebut. Ia mengatakan, sekitar 5,1 hektar tanah di desanya akan dilintasi oleh Tol Solo-Yogyakarta.(dd/@kominfo_jtg)

Related Articles

Back to top button