fbpx
Kabar Indonesia

Pemprov DKI: Lidah Mertua Dapat Kurangi Polusi

ENERGIBANGSA.ID – Guna mengurangi tingkat polusi udara, Pemprov DKI Jakarta akan membagikan tanaman lidah mertua untuk warga.

Pembagian tanaman lidah mertua ini akan disasarkan untuk wilayah perkantoran dan warga umum yang memiliki KTP DKI secara gratis.

[Baca juga: Apakah Masker Kain Ampuh Untuk Atasi Polusi Udara di Jakarta?]

“Sedang proses pengadaan, mudah-mudahan Agustus (bisa dibagikan),” kata Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Kelautan Pertanian (KPKP) Suharini Eliawati dilansir dari Liputan6, Minggu (21/7/2019).

Suharini menambahkan kini pihaknya tengah menghitung seberapa besar pengaruh tanaman bernama latin sansevieria trifasciata untuk menanggulangi permasalahan ini.

Pemprov DKI: Lidah Mertua Dapat Kurangi Polusi
Macam-macam bentuk tanaman lidah mertua (Foto: Tanah Kaya)

Namun pihaknya yakin lidah mertua yang akan didistribusikan oleh Dinas KPKP dapat menekan tingkat polusi yang ada di kota yang khas dengan makanan kerak telor ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tim Energi Bangsa, tak hanya lidah mertua saja yang menjadi fokus Dinas KPK.

Alternatif lain juga dipersiapkan untuk membuat udara Kota Jakarta menjadi lebih sehat dengan perencanaan sistem tanam hidroponik.

Pemprov DKI: Lidah Mertua Dapat Kurangi Polusi
Contoh pemanfaatan hidroponik pada bangunan gedung (Foto: Radar Jogja)

Budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa tanah ini rencananya akan dioptimalkan realisasinya pada beberapa kantor pemerintahan.

Beberapa tanaman yang akan ditanam dengan sistem hidroponik antara lain nangka, avokad, belimbing, sukun, lengkeng, lidah buaya, jeruk limau, jeruk nipis, kenikir, melati, dan tanaman obat keluarga (Toga).

Sobat Energi, dukung program baik ini yuk! Selain mengurangi tingkat polusi, berkebun juga dapat memberikan efek ketenangan dalam jiwa, lho.

Related Articles

Back to top button