fbpx
Kabar Daerah

Pemkot Semarang Sulap Asrama Haji Manyaran Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid

SEMARANG, energibangsa.id – Setelah sebelumnya Rumah Dinas Walikota Semarang dijadikan Rumah Sakit Darurat akibat lonjakan kasus Covid-19 yang semakin meningkat. Kini hal yang sama terjadi pada Islamic Center Manyaran.

Islamic Center Manyaran Semarang atau yang biasa kita gunakan sebagai Asmara Haji ini disulap oleh Pemkot Semarang menjadi tempat isolasi baru bagi pasien Covid-19 dan orang tanpa gejala.

Hendrar Prihadi mengungkap keputusan ini dilakukan menyusul kasus penyebaran virus Covid-19 yang semakin bertambah setiap harinya. Padahal baru saja memasuki awal tahun 2021.

Dan setelah dilakukan tes masif atau tracing untuk menjaring siapa saja yang terpapar menambah daftar panjang kasus orang tertular virus Covid-19.

Kenaikan ini berasal dari setelah libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021. Mengakibatkan banyak rumah sakit di Kota Semarang mengaku kewalahan dalam menampung jumlah pasien yang makin banyak.

Menurut keterangan Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam penambahan tempat isolasi ditujukan agar kegiatan operasional rumah sakit dalam merawat pasien non-covid dapat tetap berjalan.

Di Kota Semarang terdapat sejumlah tempat isolasi Covid-19 yang dikelola Pemkot Semarang di antaranya Balai Diklat Ketileng, Rumah Sakit Wongsonegoro, Balai Diklat Srondol dan Asrama Haji Manyaran.

Adapun data dari Dinas Kesehatan Kota Semarang per 13 Januari 2021, jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 yang dirawat 1.033 kasus, sebanyak 269 kasus berasal dari luar Kota Semarang.

Sementara itu total kasus berdasarkan laman Siaga Corona Kota Semarang, tercatat 23.771 orang, dengan 15.934 orang sembuh dan 1.311 meninggal dunia. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button