Nasional

Untuk Ketiga Kalinya, Pemkot Semarang Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik di Indonesia

ENERGIBANGSA.ID – Tahun ini warga Semarang patut berbangga sebab selama tiga tahun berturut-turut Pemerintah Kota Semarang kembali menyabet penghargaan terbaik dalam pelayanan publik.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sebagai Pembina Pelayanan Publik terbaik di Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo kepada pria yang akrab disapa Hendi ini.

Penghargaan tersebut diberikan bukan tanpa alasan. Predikat sebagai Pembina Pelayanan Publik terbaik di Indonesia ini diberikan berdasarkan pada hasil evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik 2019 yang dilakukan oleh KemenPAN-RB.

Tak hanya itu, Hendi juga dinilai sukses dalam membenahi dan meningkatkan pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Semarang, RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Kota Semarang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang.

Hal terebut menjadi evaluasi KemenPAN-RB kepada tiga unit penyelenggara pelayanan publik di Kota Semarang pada 2019 dengan kategori penilaian sangat baik.

Dilansir dari jateng.sindonews.com Tjahjo Kumolo mengingatkan bagi yang telah memperoleh nilai baik untuk tidak berpuas diri.

Orang nomor satu di KemenPAN-RB, Tjahjo Kumolo, sangat mendukung dan mendorong terwujudnya clean and good governance, serta lebih kepada bagaimana pelayanan itu bermanfaat langsung bagi masyarakat.

Ia menegaskan kepada daerah yang sudah memperoleh nilai baik, sebaiknya tidak terlena dan berpuas diri karena sifat pelayanan publik selalu dinamis, mengikuti kebutuhan masyarakat,

“Jangan berhenti, ini bukan puncak. Terus kembangkan dan perluas pelayanan publik agar dapat bermanfaat langsung untuk seluruh masyarakat bukan komunitas tertentu saja,” ucap Tjahjo Kumolo, dalam keterangan tertulis.

Walikota Semarang tersebut juga mengatakan sekaligus menegaskan bahwa wajah pelayanan publik di Kota Semarang sebenarnya ada pada masyarakat yang menjadi pihak yang mendapatkan pelayanan secara langsung setiap harinya.

Selain itu, Ia mengucapkan terimakasih kepada KemenPAN-RB dan menuturkan jika predikat yang diperoleh justru akan menjadi tantangan karena harus cocok antara penilian PAN-RB dengan yang dirasakan oleh masyarakat.

Semoga pencapaian Pemkot Semarang dalam pelayanan publik terbaik ini menjadi pemicu kota-kota lain di Indonesia, terlebih di Jawa Tengah.

Related Articles

Back to top button