fbpx
Ekonomi & BisnisKabar Daerah

Pemkot Semarang Jalin Kerjasama Bersama 400 Warung Salurkan Bansos

SEMARANG, energibangsa.id – Segala bentuk bantuan sosial disalurkan Pemerintah Kota Semarang pada segala lapisan masyarakat. Distribusi bantuan tersebut merupakan aksi nyata pemerintah dalam menjaga kesejahteraan masyarakat terdampak Covid-19.

Berbagai cara telah ditempuh salah satunya adalah  dilakukannya pendistribusian bantuan melalui warung-warung di lingkungan sekitar penerima.

Hendrar Prihadi mengatakan pembagian bantuan melalui kartu sembako di Bulan Januari lalu sempat ditiadakan, dan diadakan kembali pada Bulan Februari setelahnya.

Pihaknya juga melakukan evaluasi terhadap program penyaluran bantuan yang dirasa kurang tepat sasaran terhadap penerima bantuan sosial. Mulai dari yang kelebihan sampai status penerima bantuan tidak ter-kroscek secara menyeluruh.

Agar lebih efektif Dinas Sosial berusaha melakukan pembenahan untuk mencari cara yang efektif, salah satunya menggunakan kartu belanja yang bisa digunakan pada warung-warung sembako yang telah ditentukan.

Sebagai bentuk pembaruan akan sistem yang lama, pengguna kartu tersebut nantinya tidak bisa melakukan penarikan tunai di ATM. Dan hanya bisa digunakan untuk berbelanja kebutuhan sembako di warung-warung.

Bermanfaat pula untuk menggerakkan roda perekonomian lokal di tengah pandemi, pihak Dinsos melibatkan lebih dari 400 warung, sambil melakukan peninjauan ulang terkait verifikasi data agar tidak terjadi data yang dobel.

Nantinya penerima bantuan akan mendapat kartu yang memiliki saldo Rp 100.000 yang bisa digunakan untuk belanja sembako di warung-warung pilihan.

Selain bantuan berupa kartu, bantuan sosial dalam bentuk “Bantuan Tunai Langsung” juga diberikan senilai Rp 200.000 setiap bulannya melalui Kantor Pos. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button