fbpx
Kabar Indonesia

Pemkot Semarang, Ajak Para Warga Lestarikan Tradisi Wayang Terutama Para Anak Muda

ENERGIBANGSA.ID – Tepat pada tanggal 7 November diperingati sebagai hari Wayang Nasional, beberapa kota di Indonesia merayakannya dengan mengadakan pertunjukan berbagai macam wayang dan juga coaching clinic.

Coaching clinic adalah keterlibatan anak-anak muda dalam dunia pewayangan. Apalagi sekarang ini banyak anak muda yang melupakan budaya tradisional ini padahal wayang merupakan warisan budaya bangsa yang perlu dilestarikan, kalau bukan dari sekarang maka siapa lagi yang akan melestarikannya. Wayang juga termasuk kedalam salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah tercatat di UNESCO

Di Kota Semarang sendiri menggelar pertunjukan wayang orang di Gedung Pandanaran Semarang, Kantor RRI dan juga TBRS. Yang menjadi ciri khas dari pertunjukan wayang ini adalah munculnya dalang-dalang muda.

Pemkot Semarang juga akan rutin menggelar pertunjukan wayang tidak hanya saat memperingati hari wayang nasional saja namun akan dilakukan secara rutin bagi anak muda dalam belajar dan mengenal lebih banyak tentang pewayangan karena pengetahuan yang didapatkan sangat luas dan banyak manfaat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan rutin ini akan diadakan pada saat malam jumat kliwon di TBRS.

Tidak hanya itu, adapun program Wayang Kenal Sekolah untuk diperkenalkan kepada anak-anak di setiap sekolahan agar lebih mudah memahami tentang dunia pewayangan.

Dilansir dari TribunJateng.com Indriyasari selaku Kepala Disbudpar Semarang mengatakan bahwa tempat pagelaran wayang di TBRS akan diperbaiki dan dikembangkan lagi dengan fasilitas, sarana dan prasarana yang mendukung agar mampu mengemas wayang dalam bentuk yang menarik dan gedung menjadi representatif”

Diharapkan dengan adanya pagelaran wayang adalah salah satu solusi untuk memperkenalkan ke masyarakat khususnya anak muda dalam memajukan budaya bangsa, sebagai cara untuk memelihara warisan luhur budaya negeri ini.

Ditambah dengan munculnya dalang muda mampu menuangkan ide kreatif dan inovasi agar dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat lebih jelas mengenai pesan moral dan sebagai media hiburan yang positif, tetapi tidak meninggalkan kesan seni idealisme pewayangan aslinya. Dan wayang akan tetap hidup dan berkembang dari zaman ke zaman.

Hayo siapa Sobat Energi yang tidak menyukai menonton pertunjukan wayang? Untuk itu, Mulai sekarang belajar menjaga dan melestarikan kebudayaan wayang ini agar tidak punah ditelan zaman

Related Articles

Back to top button