fbpx
Kabar Daerah

Pemkot Pekalongan Perbaiki Saluran Drainase Untuk Cegah Banjir

KOTA PEKALONGAN, energibangsa.id –  Proyek normalisasi drainase di Kota Pekalongan dikebut untuk menghindari terjadinya banjir karena air hujan tidak tertampung dengan baik. Fokus utamanya yaitu dilakukan pemasangan pompa dan pengerukan sedimentasi saluran air agar air bisa mengalir ke hilir.

Terdapat beberapa titik lokasi pengerjaan yaitu di tiga titik Jalan Asem Binatur yang mengarah ke saluran Bandengan. Untuk pemasangan pompa dilakukan di Jalan Patriot sisi utara dan barat sedangkan pengendali air dipasang di titik yang sama. Pemasangan pompa bertujuan untuk mengatur aliran air hujan ke saluran Stasiun Pompa Jeruksari.

Normalisasi drainase

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Kota Pekalongan, Khaerudin mengatakan, adanya normalisasi di Jalan Surabaya dan Jalan Semarang. Untuk itu, saluran drainase nantinya dibuka dan dikeruk endapannya. Selain Itu juga adanya rehab saluran drainase di Jalan Patiunus. Rencanaya akan dibuatkan saluran baru dengan u-ditch berdiameter 60 sentimeter.

Perbaikan drainase lainnya juga dilakukan di Saluran Kandang Ayam, Kerkop dengan dibuat saluran persilangan di Jalan W.R Supratman ke Gang Umbul. Sedangkan drainase di depan Rusunawa Slamaran akan diperbaiki guna mencegah adanya genangan  saat hujan deras.

Sisi barat Kota Pekalongan akan dibuka saluran Kalimati agar nanti saat air di Kali Sibulan meluap akan ada alternatif dan dialihkan ke Kalibanger. Proses perbaikan pintu air sudah selesai hampir 90 persen yang berada di Sipucung, Jalan Patriot, Jalan Slamet dari saluran Jalan Kurinci ke Jalan Asem Binatur. (*)

Related Articles

Back to top button