Kabar Daerah

Pemkot Pekalongan Canangkan Gerakan “BISA” untuk Bangkitkan Sektor Pariwisata

PEKALONGAN, energibangsa.id — Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mencanangkan gerakan “Bersih, Indah, Sehat, dan Aman” (BISA) untuk membangkitkan sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19 di tiga lokasi wisata, Senin (19/10) kemarin.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kota Pekalongan, Sutarno, mengatakan gerakan BISA yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini akan terus dikembangkan sebagai upaya dongkrak kembali sektor pariwisata.

“Ada tiga Kampung Wisata yang kami masukkan pada gerakan BISA yaitu Kampung Wisata Religi Sapuro, Kampung Batik Pesindon, dan Kampung Wisata Batik Kauman,” katanya.

Menurut dia, pencanangan gerakan BISA yang menggunakan Dana Intensif Daerah (DID) ini untuk mendukung sarana dan prasarana yang ada di kampung wisata tersebut dalam menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru.

Ke depan akan dilakukan penataan dan bersih lingkungan baik oleh masyarakat atau pelaku usaha melalui kegiatan program padat karya yang berlokasi di tiga kampung wisata.

Sutarno menyebut gerakan BISA bertujuan untuk mengoptimalkan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif. Itu terutama dalam menangani dan meningkatkan aspek kebersihan, keindahan, kesehatan, dan keamanan masyarakat di destinasi wisata itu.

“Kami berharap dengan adanya gerakan BISA ini dapat membantu merealisasikan tempat wisata seperti destinasi wisata yang viral dan semakin diminati oleh pengunjung,” katanya.

Seperti disebutkan, optimistis melalui gerakan BISA ini akan dapat menjadikan tempat wisata di daerah menjadi lebih diminati oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Kalau sudah bersih, indah, sehat dan aman, kurang apalagi, semua sudah komplit, dan pasti wisatawan banyak yang datang berkunjung ke daerah ini. Tentunya, hal itu otomatis perekonomian masyarakat setempat akan meningkat,” pungkasnya. (*)

Related Articles

Back to top button