fbpx
Kabar Daerah

Pemkab Batang Lakukan Optimalisasi Produk UMKM

BATANG,energibangsa.id—Pengoptimalan produk usaha mikro,kecil dan menengah (UMKM) yang dihasilkan warga Batang dilakukan sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah untuk meningkatkan pendapatan warganya.

Produk UMKM yang dihasilakn warga setempat ini dijual di setiap lokasi wisata yang ada di Kabupaten Batang. Sehingga produk UMKM di setiap objek wisata harus memiliki diferensiasi agar memberikan banyak pilihan pada wisatawan untuk berkunjung di tiap objek wisata.

Dilansir dari AntaraJateng, Kepala Dinas Perindustrian,Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Batang Subiyanto mengatakan bahwa dengan adanya produk yang berbeda ini diharapkan warga bisa memanfaatkan peluang untuk usaha.

Contohnya objek wisata di pegunungan mengolah produk hasil pertanian seperti sayur sedangakan di pantai produk perikanan.

Kerja sama UMKM

Untuk mewujudkan pengoptimalan produk UMKM di objek wisata dilakukan pelatihan pada pelaku UMKM kreatif di tiap objek wisata. Dalam pelathan ini Dinas Peristiwa,Pemuda dan Olahraga Kabupaten Batang melakukan kerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UMKM.

Hal ini dikarenakan hasil dari UMKM disekitar objek wisata hanya sebatas dijual di objek wisata tersebut sehingga masih bergantung pada banyaknya pengunjung yang datang. 

Kepala Dinas Pariwisata,Pemuda dan Olahraga  Kabupaten Batang Wahyu Budi Santosa menjelaskan terkait pelatihan bisa dilakukan diberbagai bidang seperti bidang kuliner dan souvenir. Dengan begitu kemampuan pelaku UMKM di sekitar objek wisata bisa ditingkatkan. (Warda/EB)

Related Articles

Back to top button