Energi MudaGaya HidupInspirasi BangsaKesehatan

Pemerintah Perlu Tingkatkan Pengembangan Energi Terbarukan Biomassa

ENERGIBANGSA.ID – Ada banyak energi dari alam yang bisa dimanfaatkan memenuhi kebutuhan hidup, energi tersebut yang kita tahu berasal dari angin, air, cahaya matahari, batu bara, minyak bumi dan lainnya. Selain itu, sebenarnya ada energi terbarukan yang belum familiar di tengah masyarakat yaitu biomassa.

Biomassa adalah bahan organik yang dihasilkan melalui proses fotosintetik, baik berupa produk maupun buangan. Contoh biomassa ini yaitu tanaman, rerumputan, ubi, limbah pertanian seperti bonggol jagung, jerami, sekam, limbah hutan seperti serbuk gergaji, tinja, kotoran lemak, dan lain-lain. Melimpahnya manfaat biomassa ini bahkan sedang gencar digarap oleh perhutani untuk memproduksi hasil bahan organik tersebut di eksport agar membantu pendapatan devisa negara.

Energi biomassa merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui (renewable) sehingga dapat menyediakan sumber energi secara berkesinambungan (suistainable) dan dapat diolah untuk kebutuhan rumah tangga.

Kekhawatiran mengenai uang tagihan listrik yang mahal, harga elpiji yang naik dan limbah olahan yang mengakibatkan polusi udara sekarang bisa teratasi dan diminimalisir. Hasil biomassa bisa sebagai sumber energi utama, meskipun bahan organik biomassa pada proses pengolahannya tetap menggunakan teknologi.


Merangkum dari Manfaat.co mengenai potensi biomassa untuk memenuhi energi yng dibutuhkan manusia di masa mendatang, Tim Energi Bangsa memberika 4 pemanfaatan biomassa seperti di bawah ini.
Limbah pertanian, Limbah ini umumnya menghasilkan panas dan listrik, seperti jerami, ampas tebu, kotoran ternak, dan kotoran unggas lainnya.
Biogas ini dihasilkan dari pemecahan bahan organik seperti kotoran manusia, material tanaman, pupuk kandang, dan lain-lain. Setelah semua bahan organik tersebut diuraikan dengan proses fermentasi dengan bantuan mikroorganisme anaerobic untuk menghasilkan karbon dioksida dan metana maka akan menghasilkan gas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar seperti menyalakan kompor.
Tanaman energi. Tanaman energi ini biasanya sengaja dibudidayakan dalam skala besar untuk menghasilkan bahan bakar, diantaranya jagung, kedelai, rami dan gandum. Dalam proses pembakaran, tanaman ini akan menghasilkan berbagai bahan bakar seperti butanol, etanol, metanol, propanol, dan biodiesel.
Kayu dianggap sebagai bentuk sederhana dari biomassa karena kayu yang dibakar menjadi bahan bakar yang dapat digunakan langsung. Dalam skala besar, kayu dapat digunakan untuk produksi listrik seperti pembangkit listrik tenaga uap.


Bagaimana Sobat Energi tentang energi terbarukan biomassa ini? Apakah mulai optimis kebutuhan hidup akan murah dan mudah ? Yuk ikut bagian membudidayakan biomassa.

Related Articles

Back to top button