fbpx
Kabar IndonesiaNasional

Pemerintah Fokus Bangun Kualitas Sumber Daya Manusia Hingga 2024

ENERGIBANGSA.ID—Setelah pada periode sebelumnya berfokus pada pembangunan infrastruktur, dalam Rencana Pembangunan Menengah Nasional (RPJM) 2020-2024, Pemerintah Indonesia akan fokus pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pernyataan ini diungkapkan oleh Bambang Brodjonego, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS).

Informasi yang dirangkum tim energibangsa.id, Fokus pembangunan Sumber Daya Manusia akan meliputi peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing, membangun karakter bangsa, memperkuat ketahanan ekonomi dan pertumbuhan berkualitas, mengembangkan wilayah untuk kurangi kesenjangan dan meningkatkan pemerataan, memperkuat infrastruktur, menudukung pembangunan ekonomi dan barang dasar.

Dengan RPJMN yang difokuskan hal tersebut, menurut Mantan Menteri keuangan ini dapat membuat Indonesia bisa bergerak maju. Bahkan pertumbuhan ekonomi diyakini bisa tembus di angka 6%.

“Dengan begitu tahun 2020-2024, pertumbuhan ekonomi akan meninggkat menjadi 5,4 sampai 6 persen per tahun. Tingkat Kemiskinan, pengangguran , ketimpangan terus membaik dan keseteraan terus meningkat, “ jelasnya seperti energibangsa.id kutip dari ekbis.sindonews.com.

Bambang mengatakan semua ini sesuai arahan yang diberikan Presiden Joko Widodo, yakni kuncinya berada pada sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, terdidik, terampil, sehat dan produktif. Selain itu juga yang berinovasi dan menguasai Ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal tersebut manjadi salah satu strategi dalam setiap program prioritas.

Selain RPJMN, pemerintah juga membuat Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020.  Bambang menjelaskan RKP ini merupakan bagian dari RPJMN 2020-2024. “Sehingga dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020, sebagai tahun awal dari pelaksanaan RPJMN 2020-2024, mengambil tema kerja pemerintah yakni peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan berkualitas,” ujarnya saat mengikuti acara Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Di dalam RKP tersebut terdapat lima prioritas nasional yang meliputi, pembangunan nasional dan pengentasan kemiskinan; infrastruktur dan pemerataan wilayah; nilai tambah sektor rill; industrialisasi dan kesempatan kerja; ketahanan pangan, air dan energi serta lingkungan; stabilitas pertahanan dan keamanan.

Melalui rencana ini kedepannya diharapkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia akan lebih maju, berdaya saing, dan berkualitas. Terlebih dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara.

Gimana pendapat sobat energi dengan fokus pemerintah kedepan? Keren kan, yuk kita dukung langkah yang diambil pemerintah kita ini.

Related Articles

Back to top button