Ekonomi & Bisnis

Pemerintah Dipaksa Percepat Transformasi Digital!

ENERGIBANGSA.ID (Jakarta)– Suahasil Nazara selaku Wakil Menteri Keuangan mengungkapkan adanya COVID-19 mengakibatkan pemerintah terpaksa mempercepat transformasi digital. Karena, baru hanya di dengungkan oleh Pemerintah Pusat namun belum dijadikan agenda sentral.

Platform digital yang sedang dikembangkan di Semarang, Jawa Tengah

Ia mengatakan salah satu produk transformasi digital ialah lahirnya Perppu No. 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penangan Pandemi COVID-19 yang telah disahkan menjadi UU No. 2 Tahun 2020

“Adanya COVID-19 ini kita dipaksa untuk mempercepatnya, maka dari itu topik diskusi pagi tentang transformasi digital menjadi keharusan.”ujar Suahasil

Survei Work From Home (WFH) kepada pegawai Kementerian Keuangan menyatakan bahwa mayoritas pegawai, atau 89,50% pegawai mengaku pekerjaannya dapat dilakukan secara online. Lalu, sebanyak 51,90% pegawai mengaku pekerjaannya menjadi lebih efektif dengan WFH.

Platform digital yang sedang dikembangkan di Semarang, Jawa Tengah

Survei ini dilakukan kepada 12.174 pegawai Kementerian Keuangan pada periode 2-4 Juni lalu.

Di samping itu, ia menuturkan transformasi digital bisa memangkas sejumlah pos biaya misalnya perjalanan dinas. Karenanya, ia menyatakan meskipun vaksin COVID-19 ditemukan, Kementerian Keuangan akan terus melanjutkan transformasi digital.

“Tapi seluruh efisiensi dan pengurangan biaya yang kita lakukan ini harus mendorong efektivitas kerja, output pekerjaan tidak kami korbankan ketika melakukan transformasi digital ini,” tambahnya (dhanti/EB/cnn)

Related Articles

Back to top button