Opini / Gagasan

Peluang Menjanjikan Menjadi Reseller Gas dan Galon

Oleh : Muhammad Faiz Mubarok

ENERGIBANGSA.ID  ΜΆ  Sebagai mahasiswa tentunya berbeda dengan seorang siswa. 

Seorang mahasiswa harus memiliki pola pikir yang jauh ke depan bukan dalam hal akademik saja, namun juga bagaimana ia bisa menjalani hari-harinya.

Tentu banyak dari mereka yang sudah tidak mendapatkan uang saku dari orang tuannya, terlebih bagi anak kos, mereka harus berfikir dua kali lebih keras daripada yang masih tinggal bersama orang tuanya.

Salah satu peluang usaha yang dapat dijadikan sebagai mesin penghasil uang adalah menjadi reseller gas dan galon air mineral.

Daerah dekat kampus secara tidak langsung membuat semakin banyak masyarakat yang membuka tempat kos.

Oleh karena itu, sang penghuni tentu memilih membeli galon daripada minimal kemasan botol.

Masyarakat juga dapat membuka warung masakan atau berjualan kaki lima tanpa harus melalui proses pemasakan dengan menggunakan bahan bakar gas.

Akantetapi, modal yang diperlukan untuk menjadi reseller cukup besar.

 Modal awal pembelian tabung gas dan galon air mineral cukup besar. Agen gas memberi patokan harga per gas melon sebesar Rp 220.000 dan pembelian pertama satu galon air mineral dibanderol seharga Rp 55.000.

Hal ini yang membuat mahasiswa sedikit berfikir untuk menentukan menjadi reseller atau tidak, karena ketakutan apakah bisnis ini berhasil atau tidak.

Kesempatan ini yang akan kita manfaatkan untuk menjadi reseller karena sedikitnya pesaing.

Keuntungan yang diraup setiap penjualan satu tabung gas sebesar Rp 5.500 dengan harga yang awal dari agen sebesar Rp 15.000, kemudian kita jual dengan harga Rp 21.000. 

Sedangkan untuk penjualan galon air mineral dibanderol dengan harga Rp 20.000, jika pembeli membawa galon untuk ditukarkan dengan harga beli dari agen sebesar Rp 16.000. 

Apabila pembeli ingin membeli dengan galonnya akan dikenakan biaya Rp 70.000.

*Muhammad Faiz Mubarok, Mahasiswa FE Manajemen Univ Wahid Hasyim

Related Articles

Back to top button