fbpx
Ekonomi & Bisnis

Pelaku UMKM Kendal Minta Ibu Bupati Chacha Frederica Jadi Endorse Produk Lokal

KENDAL, energibangsa.id—Indonesia adalah negeri yang subur makmur ini perhatian dari berbagai pihak terhadap pertanian sangat terbatas.

Risiko lainnya, anak-anak muda tidak tertarik, karena dari segi ekonomi, pertanian dinilai tidak menjanjikan. 

Hal itu diungkapkan H. Sutiyono, Ketua Paguyuban Petani Kendal dalam acara Silaturahim Petani dan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kendal, di kediaman Tyas Midono (Pembina Paguyuban Petani Kendal) Desa Caruban, Kecamatan Ringinarum, Sabtu (27/03/2021).

Ajak generasi muda

Dalam kesempatan itu, ia mengajak generasi muda untuk bisa mencintai dunia pertanian. Ini kaitannya dengan regenerasi.

“Kalau bukan para pemuda yang melanjutkan, siapa lagi yang akan melestarikan. Lahan pertanian kita sudah menjadi incaran para investor, seperti di daerah Temanggung dan Sukorejo hanya diekploitir tanpa memperhatikan lingkungan,” lanjutnya.

Sementara itu Pembina Paguyuban Petani Kendal, Kundarto berharap ada perhatian dari pemerintah terkait nasib petani.

“Jangan hanya seremonial dalam penanaman seperti contoh kemarin di lereng Gunung Prau. Seharusnya untuk kelanjutan, semua pihak dirangkul dan diajak untuk melestarikan alam,” terangnya.

Angkat perekonomian Kendal

Di kesempatan yang sama, Kepala Desa Caruban Diyah Tin Agustina, menjelaskan kegiatan ini digelar dalam upaya mengangkat perekonomian petani dan pelaku UMKM Kendal.

 “Karena banyak produk-produk yang banyak diperhitungkan jadi meminta bantuan bagaimana caranya bisa menembus pasar nasional, ungkapnya.  

“Khusus untuk prodak Kendal ini bisa dinaikkan menjadi suatu produk spesial ciri khas dari Kendal. Bukan hanya Bandeng saja, “ujarnya.

Dikatakan Kepala Bagian Perencanaan dan Anggaran di Kementrian Komunikasi, Tiyas Midono Purwanti, produk yang ada di Kendal sangat bagus dan berkualitas.

“Apalagi produk yang dipamerkan tadi betul-betul yang inovatif banget, dengan menghadirkan para petani dan pelaku UMKM,” ungkapnya.

Minta endorse istri Bupati

Sementara itu, Kurniawan, sosok pelaku UMKM yang juga petani lebah mengatakan  hampir semua para pelaku UMKM memproduksi tapi masih minim yang bisa mendongkrak produknya.

Ia berharap, Pemerintah Kabupaten Kendal dapat menggandeng generasi milenial lebih baik lagi.

“Lewat Ibu Bupati Chacha Frederica yang notabene artis, bisa ikut menjadi endorse produk lokal Kendal,” inginnya. (*)

Related Articles

Back to top button