Kabar IndonesiaKesehatanRagam Bangsa

Pati, Jadi Daerah Pertama di Indonesia yang Memiliki Klinik Pratama BUMDes Sehat

ENERGIBANGSA.ID – Senin lalu (4/11/2019) Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah meresmikan Klinik Pratama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sehat yang berlokasi di Desa Tlogorejo, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati.

Acara peresmian Klinik Pratama BUMDes Sehat juga dihadiri oleh Bupati Pati, Haryanto. Klinik Pratama BUMDes Sehat ini merupakan korporasi desa dalam bidang kesehatan yang pertama di Indonesia. Modal dari klinik BUMDes ini berasal dari modal gabungan 159 desa yang ada diPati. Klinik Pratama BUMDes Sehat merupakan salah satu unit usaha yang dikelola oleh BUMDes Bersama Mandiri Sejahtera.Di Pati sendiri terdapat tujuh Klinik Pratama BUMDes Sehat dan ditargetkan akan ada total 12 klinik di tahun ini.

Dilansir dari idntimes.com Ganjar Pranowo menyampaikan apresiasinya kepada para pemuda yang menjadi pengelola BUMDes.

“Dengan adanya Klinik ini, dunianya ada, akhiratnya dapat. Saya acungi jempol. Tularkan pada yang lain tentang gagasan ini, dan jangan korupsi,” ungkap Ganjar.

Orang nomor satu Jawa Tengah itu juga menambahkan jika Indonesia membutuhkan pemuda yang kreatif.

“Maka pemuda harus kreatif dan inovatif melihat perubahan zaman. Jangan begitu ada dana desa muncul, banyak yang bingung. Kebanyakan, dana yang ada akan digunakan sebagai infrastruktur. Mereka lupa kalau salah satunya adalah dalam hal sosial, dan juga kesehatan,” imbuhnya.

Adanya Klinik Pratama BUMDes ini menurut Ganjar adalah sebuah pilihan yang cerdas. Ia berharap jika klinik ini tak hanya menjadi rujukan masyarakat untuk berobat tetapi juga dapat menjadi “agen” kesehatan bagi Bupati Pati dalam mengkampanyekan hidup sehat.

Related Articles

Back to top button