IHSG tumbuh positif pasca putusan MK
IHSG tumbuh positif pasca putusan MK atas Sengeketa Pilpres 2019. (dok. okezone.com)
Ekonomi & Bisnis

Pasar Respon Positif Putusan MK, IHSG Menguat

0

ENERGIBANGSA.ID – Pasca putusan Hakim Konstitusi atas sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Kamis (27/6), yang dimenangkan pasangan calon presiden nomor urut satu Joko Widodo- Ma’Aruf Amin, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus menunjukkan pertumbuhan positif.

Direktur Bursa Efek Indonesia (BEI), Laksono Widodo mengatakan pasar merespon putusan tersebut dengan positif dan menyambut baik. Bukan karena hasil Pilpresnya melainkan kepastian yang diberikan. “Ada optimismenya karena ada election,” tambahnya di gedung BEI, Jakarta, Jumat (28/6).

Menurut  Michael Steve, Presiden Direktur PT. Kresna Graha Investama Tbk, putusan tersebut menimbulkan kepastian pasar ke depen, terlepas siapa yang memenangkan Pilpres.

Selama tahun politik ini, investor cenderung menunggu situasi politik stabil sebelum bergerak agresif di pasar modal.” Setelah ini kita bullish, saham bakal terbang,” ujar Steve di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta, yang dikutip tim energibangsa.id dari money.kompas.com.

Dengan hasil putusan yang final dari Mahkamah Konstitusi (MK), setidaknya pasar sudah bisa memprediksi iklim ekonomi kedepannya. Namun, putusan MK tersebut sebenarnya hanya salah satu faktor yang membuat IHSG tetap berada di zona hijau.

Menurut Laksono, yang memiliki dampak lebih besar terhadap pasar saham adalah faktor eksternal lainnya seperti dari luar negeri. “Kondisi ekonomi makro punya dampak signifikan daripada politik. Trade balance lebih berdampak ke indeks daripada pemilu,” imbuhnya.

Sementara dari dalam negeri, IHSG mungkin akan terpengaruh kedepannya dari pemilihan kabinet baru oleh Presiden. Kemungkinan Presiden terpilih mengumumkan daftar kabinetnya pada bulan Oktober. “Nanti kita lihat apakah market puas atau tidak dengan kabinet baru,” ucapnya.

Sebagaimana pantauan tim energibangsa.id, Pasca putusan MK, IHSG dibuka menguat 0,35. Posisi IHSG per jumat berada di level 6.374 saat pembukaan perdagangan di BEI. Nilai tersebut bukan tidak mungkin bisa tembus ke level 7.000 apabila pasar stabil.

Bagi sobat energi yang suka main saham, gak perlu risau sehabis putusan MK, IHSG tumbuh dalam posisi positif nih, tenang..

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Dalam 4 tahun, Ekspor Pertanian Indonesia ke Jepang Naik Tajam

Previous article

Prestasi Prabowo yang Tidak Disadari oleh Banyak Orang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.