fbpx
Wisata & Kuliner

Pasar Papringan; Wisata Belanja (Masa Lalu) di Temanggung

ENERGIBANGSA.ID (Temanggung) – Perihal tembakau, mata publik musti tertuju ke Temanggung. Yakni sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang ternyata tak cuma memiliki tembakau dan alam yang menawan.

Suasana Pasar Papringan Temanggung (sumber: instagram/ pasarpapringan)

Yang terbaru, wisata kuliner pun ada di Pasar Papringan, Temanggung. Itu merupakan destinasi wisata baru yang mengajak pengunjung kembali ke masa lalu, bak mesin waktu!

Suasana Pasar Papringan Temanggung (sumber: instagram/ pasarpapringan)

Konsep wisata unik

Pasar Papringan dapat juga disebut sebagai pasar tradisional yang unik. Adapun lokasi pasar ini terletak di Dusun Ngadiprono, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung.
 
Pasar Papringan ini memang beda dengan pasar lainnya. Sebab, lapak-lapaknya digelar di bawah rindangnya rumpun bambu yang menambah kesan asri dan alami.

Suasana Pasar Papringan Temanggung (sumber: instagram/ pasarpapringan)

Perbedaan lainnya, pembeli di pasar papringan ini menggunakan koin yang terbuat dari bambu, sebagai metode pembayarannya. Jadi, sobat energi dapat menukar uang kelipatan Rp2.000 , Rp20.000 atau Rp50.000 ke tempat penukaran uang.

Keunikan lainnya, pasar papringan ini hanya buka tiap Minggu Wage dan Minggu Pon. Artinya, Pasar Papringan hanya buka dua kali selama ‘selapan dino‘ atau dalam 35-40 hari.

Namanya juga konsep masa lalu alias jadul, para penjual di pasar itu mengenakan pakaian-pakaian adat lurik. Kira-kira mirip jaman Majapahit, atau kerajaan masa lampau. Kerenlah, sob!

Lalu, barang dagangan yang dijual antara lain kuliner khas jadul hingga ada juga jajan dan minuman kekinian. Ada pula kerajinan yang terbuat dari bambu seperti anyaman, serta produk lokal lainnya.

Suasana Pasar Papringan Temanggung (sumber: instagram/ pasarpapringan)

Sobat energi dapat mengunjungi pasar unik, papringan itu. Selain menikmati panorama pedesaan, udara yang sejuk, sobat energi bakal makin betah di sana. Apalagi alunan gamelan turut melengkapi suasana pasar. Jangan lupa berswafoto di lokasi yang instagramable bingit, ya sob! (*)

Related Articles

Back to top button