Gaya HidupKabar IndonesiaRagam BangsaReligius

Pasangan Asal Boyolali Menikah dengan Mahar Saham, Memangnya Bisa?

ENERGIBANGSA.ID – Memberikan mahar atau maskawin berupa uang atau emas nampaknya sudah lazim kita temui ya, Sobat Energi. Tapi bagimana jika mahar yang diberikan berupa saham?

Kisah pernikahan dengan mahar unik ini memang benar adanya. Diketahui pasangan asal Boyolali bernama Dwian Wahyu Prabawa dan Sherly Wijayanti Kusumas menjadi bukti penggunaan saham sebagai mahar pernikahan.

Bertempat di Masjid Agung Boyolali pada Minggu (7/7/2019), keduanya telah mengucapkan janji suci pernikahan dan sah menjadi pasangan suami-istri.

Usai akad pernikahan diucapkan, Dwian sebagai pengantin pria kemudian menyerahkan bukti pembelian dua lot saham yang dibingkai dengan cantik kepada istrinya.

Lantas, bagaimana asal mula ide mahar ini muncul?

Dwian sebelumnya pernah menempuh pendidikan perbankan di STIE Bank Jateng Semarang, kemudian ia lanjut bekerja di Bank Mandiri Solo. Berdasarkan pengetahuan selama berkuliah dan pekerjaannya itulah membuat Dwian menimbang pentingnya investasi jangka panjang.

Ide menggunakan mahar sebagai mahar pernikahan awalnya ia dapatkan dari media sosial Twitter. Dwian pernah melihat unggahan twit yang menyatakan bahwa saham dapat digunakan sebagai mahar pernikahan.

Ia lalu terpikir untuk meminang pujaan hatinya dengan saham. Sempat khawatir mendapat penolakan dari keluarga karena mahar yang tidak lumrah, ternyata Dwian dan Sherly justru mendapat dukungan dari keluarga masing-masing.

Jika setiap lot berisi seratus lembar, maka Dwian terhitung memberikan 200 lembar saham senilai Rp1.583.949 kepada pasangannya.

Bagaimana proses pembelian saham untuk mahar?

Mengutip informasi dari akun Twitter Indonesia Stock Exchange, selain dapat dijadikan sebagai warisan, saham juga dapat diberikan ke pasangan sebagai mahar pernikahan dan investasi keluarga. Akun tersebut menambahkan bahwa bentuk investasi lain seperti reksa dana juga dapat digunakan sebagai mahar.

Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), terdapat dua cara dalam penggunaan saham sebagai mahar pernikahan. Cara ini juga berlaku bagi reksa dana. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Buka rekening di perusahaan sekuritas untuk calon istri. Isikan saldo atau dana investasi dan belikan sahamnya. Kemudian cetak trading confirmation dari sekuritas tersebut.

2. Calon suami membeli saham kemudian pindahkan saham tersebut ke akun investasi calon istri. Lalu melalui sekuritasnya, pasangan diminta mencetak warkat saham tersebut di Biro Administrasi Efek.

Bagaimana hukum penggunaan saham dan reksa dana sebagai mahar dalam agama Islam?

Ustaz Ahmad Zarkasih dari Rumah Fiqih menerangkan bahwa penggunaan saham dan reksa dana sebagai mahar hukumnya adalah sah. Sebab syarat mahar adalah sesuatu yang memiliki nilai, dapat diperjual-belikan, diserah-terimakan, dan dimiliki.

Hanya saja harus dipastikan bahwa saham yang dibeli tersebut berasal dari perusahaan yang bergerak di bidang muamalat yang halal.

Untuk Sobat Energi yang akan menikah dan ingin memberikan mahar yang unik, saham atau reksa dana bisa dijadikan pilihan nih. Kira-kira mau beli saham dari perusahaan apa, Sobat Energi?

Related Articles

Back to top button