fbpx
Nasional

Oh, Ternyata Partai Ummat Segera Dideklarasikan di Bukittinggi

BUKITTINGGI, energibangsa.id—detikcom edisi Selasa (16/3/2021) lalu memberitakan Partai Ummat sudah terbentuk di Sumatera Barat (Sumbar).

Partai Ummat yang digagas oleh Amien Rais  itu rencananya akan dideklarasikan pada 29 April 2021 mendatang.

“Kita sudah siap untuk ikut deklarasi,” kata salah seorang person in charge (PIC) Partai Ummat Provinsi Sumatera Barat, Dasril Ilyas, Selasa (16/3/2021) lalu.

Dasril Ilyas bersama mantan anggota DPR-RI asal PAN, Taslim Chaniago, diberi mandat oleh Amien Rais sebagai pendiri partai untuk menyiapkan deklarasi.

Terus konsolidasi

Menurut Dasril, konsolidasi internal terus dilakukan sejak mandat diterima Januari silam.

Kemunculan Ummat ini diyakini Dasril mendapat respons positif dari berbagai kalangan di Sumatera Barat.

Saat ini telah terbentuk Tim Persiapan Pendirian Partai Ummat (TP3U) Provinsi Sumbar, yang bertugas untuk melakukan persiapan pelaksanaan deklarasi.

Dalam susunan TP3U Sumbar tersebut, Dasril ilyas duduk sebagai pengarah, sementara Taslim sebagai Ketua TP3um dengan posisi Sekretaris dijabat Apris dan Bendahara, Sabrana.

Struktur organisasi

Struktur TP3U dilengkapi dengan 7 wakil ketua, 3 wakil sekretaris dan 3 wakil bendahara.

Di posisi wakil ketua terdapat nama-nama yang tak asing lagi dalam perpolitikan Sumatera Barat, yakni Etna Estelina, Gun Sugianto, Amsir, Ki Jal Atri Tanjung, Rekso Wardoyo, Fajril Ale, dan Syahril Amiruddin.

“Di samping persiapan pelaksanaan deklarasi, tim ini juga ditugaskan membentuk TP3U kabupaten kota,” kata Dasril.

Mantan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar ini menyebut, Partai Ummat sudah ada di 18 dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Satu-satunya yang belum ada yakni di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Mudah-mudahan menjelang deklarasi, TP3U Mentawai sudah terbentuk,” katanya.

Sementara itu, Ketua TP3U Sumbar Taslim Chaniago mengatakan, antusias masyarakat Sumbar terhadap Partai Ummat sangat tinggi.

Dilaporkan juga oleh Taslim bahwa tim pendirian Partai Ummat bukan sekedar di tingkat kabupaten/kota saja, melainkan lebih dari 50 % kecamatan di Sumbar sudah terbentuk.

Hal ini, sebut Taslim, akan memudahkan pemenuhan kelengkapan persyaratan partai politik sebagai badan hukum di KemenkumHAM.

“TP3U Sumbar akan ikut deklarasi secara virtual, begitu juga dengan TP3U kabupaten dan kota di sekretariat masing-masing bersama tim kecamatan,” kata Taslim. (*)

Related Articles

Back to top button