fbpx
Gaya Hidup

Pakai ‘Sunscreen’ Saat di Dalam Ruangan, Perlu Gak Sih?

ENERGIBANGSA.ID—Bila kulit kita ingin terhindar dari sinar matahari, biasanya memakai sunscreen agar menghindari risiko kerusakan kulit akibat paparan ultraviolet (UV).

Nah, bagaimana kalau kita hanya berada di dalam ruangan saja seharian? Perlukah tetap memakai sunscreen?

Saat cuaca sedang mendung, kamu mungkin akan memilih untuk melewatkan penggunaan sunscreen. Begitu pula saat berada di rumah, kantor, atau di dalam ruangan saja.

Biasanya kamu akan merasa diuntungkan karena tidak perlu repot memakai produk pelindung kulit terlebih dahulu.

Ternyata, jika berada di rumah, kantor, atau ruangan tertutup, sunscreen adalah produk skincare wajib yang tetap harus dipakai.

Dilansir dari laman Hellosehat, sinar UV tetap bisa masuk ke dalam ruangan dari sela-sela kaca, pintu, atau jendela.

Efek Sinar UVA

Efek dari sinar UVA ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena dapat menyebabkan penuaan kulit. Contohnya seperti mempercepat munculnya keriput, flek hitam karena hiperpigmentasi, dan lain sebagainya.

Sedangkan sinar UVB merupakan dalang utama sebagai penyebab kulit terbakar. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk tetap mencegah kemungkinan buruk dari kedua sinar UV tersebut dengan menggunakan sunscreen.

Ketika kamu ingin pergi ke luar rumah, sunscreen harus digunakan sekitar 15 sampai 30 menit sebelumnya. Sementara jika berada di ruangan tertutup, sunscreen bisa kamu pakai kapan pun.

Penting untuk memastikan kulit dalam keadaan kering sebelum memakai sunscreen ke seluruh permukaan wajah. Usahakan juga sunscreen yang digunakan dapat menjangkau seluruh bagian wajah.

Dasar inilah kamu dianjurkan memakai sunscreen secukupnya atau agak banyak. Hal ini bertujuan untuk memastikan kerja sunscreen lebih optimal dalam menjaga kesehatan kulit. (Nicola/EB)

Related Articles

Back to top button