Kabar IndonesiaNasionalReligius

Padamkan Kebakaran Hutan, Jokowi Lakukan Salat Minta Hujan

ENERGIBANGSA.ID – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Provinsi Riau sejak beberapa waktu lalu membuat pemerintah mengerahkan segala upaya. Salah satunya dengan salat minta hujan (istisqa) yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Upaya tersebut dilakukan oleh presiden dari sisi spiritualis agar air hujan dapat membantu memadamkan api yang membakar hutan dan kabut asap segera menghilang.

Bertempat di Masjid Amrulloh, Kompleks TNI AU, Lanud RSN, Pekanbaru, Riau pada Selasa (17/9/2019), presiden melakukan salat setelah mendarat pada pukul 07.30 WIB bersama rombongan.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diperoleh Tim Energi Bangsa, presiden tiba didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Gubernur Riau Syamsuar dan jajaran pemerintah daerah lainnya.

Pada kesempatan itu turut dihadiri pula oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau, Muhammad Fahri yang bertindak sebagai khatib salat. Kepada jamaah, Fahri menyampaikan khotbah tentang pentingnya introspeksi diri dalam pemeliharaan tumbuhan dan hewan.

Fahri juga berkisah tentang perjalanan Umar bin Khatab yang menjadi inspirasi dan teladan untuk umat muslim ketika memohon rahmat Tuhan dalam bentuk turunnya hujan.

Adapun sejarah salat minta hujan ini bermula ketika wilayah Madinah dilanda kekeringan. Akibatnya, umat Islam mengalami kesusahan dan Nabi Muhammad SAW melakukan salat istisqa serta berharap hujan segera turun.

Sobat Energi, segala upaya untuk mengatasi karhutla harus kita lakukan bersama, ya. Mari kita doakan semoga saudara-saudara kita yang terkena musibah dan polusi udara akibat kabut asap dapat segera terselamatkan.

Related Articles

Back to top button