Otomotif

Pabrik Pajero Tutup, Kenapa?

0

ENERGIBANGSA.ID (Jakarta) – Belakangan ini, kabar buruk soal penutupan pabrik Mitsubishi Pajero akhirnya terbukti. Hal ini terkait produksi yang sudah sangat minim sehingga langkah menutup pabrik menjadi jalan paling tepat.

Kabar ini bermula dari Mitsubishi Motors Corporation yang secara resmi mengumumkan penutupan pabrik yang memproduksi Pajero di Kota Sakahogi, Prefektur Gifu, Jepang, Senin (27/7) awal pekan lalu.

Tampilan All New Pajero Sport, keluaran terbaru
Tampilan All New Pajero Sport, keluaran terbaru

Keputusan ini berdasarkan rapat dewan direksi Mitsubishi Motors Corporation (MMC), yang digelar kemarin, yang memutuskan penghentian produksi di dalam negeri terhadap anak usaha Pajero Manufacturing Co., Ltd. Penghentian produksi akan berlangsung pada paruh pertama tahun depan.

Dikutip dari laman resmi Mitsubishi, alasan penutupan pabrik Pajero ini untuk menyesuaikan dengan kapasitas produksi yang tepat sesuai dengan rencana jangka menengah Mitsubishi. Selanjutnya untuk alat produksi di pabrik Pajero akan dialihkan ke MMC di Okazaki.

Perlu diketahui, penutupan pabrik Pajero ini  setelah pabrik berdiri 77 tahun sejak 30 Desember 1943.

Rencana Besar

Keputusan MMC lainnya yaitu mempersiapkan penyesuaian lini bisnis, dan akan berfokus pada pertumbuhan profit di wilayah dan produk-produk yang memiliki kekuatan pasar, MMC akan memusatkan sumber daya manajemen mereka di wilayah ASEAN dan meningkatkan pangsa pasar di ASEAN menjadi lebih dari 11 persen, termasuk Indonesia.

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) Naoya Nakamura menanggapi hal tersebut sebagai peluang untuk terus mengembangkan bisnis di pasar otomotif Indonesia.

“Mitsubishi Motors melihat potensi pasar yang terdapat di wilayah ASEAN, termasuk di Indonesia,” kata Nakamura dalam pernyataan resminya, Rabu (29/7) lalu

Ia bilang keputusan MMC menjadi sebuah tantangan sekaligus peluang di Indonesia untuk bertumbuh dan memperluas pasar dengan rencana pengembangan produk MMC. Pihaknya telah memperkenalkan produk-produk unggulan antara lain Small MPV Xpander.

Mitsubishi Pajero yang pabriknya akan ditutup, punya ‘saudara’ Pajero Sport yang sudah diperkenalkan sejak tahun 2009 di Indonesia, punya pangsa pasar yang sangat memuaskan rata-rata lebih dari 40% untuk segmen SUV.

Selain itu, di wilayah ASEAN nantinya MMC akan memperkuat jajaran model ramah lingkungan seperti PHEV dan EV, serta memperkenalkan model-model baru termasuk SUV, truk pick-up dan MPV dari tahun fiskal 2022 dan seterusnya. (cnbc).

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

@beresinkosmu: Bisnis ‘Gila’, di Tengah Corona

Previous article

Svargabumi, Destinasi Wisata Baru di Jateng

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.