fbpx
Gaya HidupKesehatan

Overthinking Bikin Susah Tidur? Wajib Coba 4 Cara Ini!

ENERGIBANGSA.ID Kondisi di mana seseorang memikirkan sesuatu hal secara berlebihan atau overthinking sering kali mengganggu kualitas tidur.

Saat overthinking, otak enggan diajak beristirahat dan terus ‘bekerja’. Kalau sudah begini, kamu terpaksa tidur terlalu larut dan merasa lemas keesokan harinya.

Lalu, agar ini tidak berulang, apa yang yang harus dilakukan?

1. Baca Buku

Ketika tidak bisa tidur, orang cenderung menyentuh gawai dan mengakses media sosial. Padahal ini malah akan membuat kamu makin tak bisa tidur.

Sebaiknya baca buku atau novel untuk mendistraksi dari sesuatu yang mengganggu pikiran.

Membaca buku sebenarnya juga membantu kamu tidur meski tidak memiliki masalah dengan tidur.

2. Dengarkan Podcast atau Musik yang Menenangkan

Cari podcast atau audiobook dengan tema-tema ringan, lalu ambil tempat di luar kasur untuk mendengarkan.

3. Atur Pernafasan

Menurut terapis tidur, Christabel Majendie, pernapasan mendalam bertindak sebagai teknik distraksi yang kuat.

Ini akan makin manjur saat dipadukan dengan hitungan. Ia menyarankan untuk menghirup napas, menahan baru dihembuskan. Agar hembusan lebih panjang, dia menyarankan melakukan hitungan lebih panjang.

4. Menyantap Karbohidrat Ringan

Makan terlalu banyak atau snack berat sebelum tidur bikin tidur kacau. Namun saat tidak bisa tidur, snack dengan kandungan karbohidrat ringan misal popcorn atau biskuit biji-bijian bisa membantu tidur.

Karbohidrat bisa meningkatkan produksi serotonin yang diperlukan otak untuk mengatur tidur.

Selamat Mencoba!

(Ara/ EB)

 

Related Articles

Back to top button