fbpx
Gaya HidupRagam Bangsa

Nirfaedah! Saat Isi Bensin Jangan Goyangkan Kendaraan

ENERGIBANGSA.ID – Aktivitas apa yang Sobat Energi lakukan selagi mengisi bensin di SPBU? Melamun? Menatap baliho di langit-langit? Atau membaca buku karangan Fiersa Besari?

Jika bukan hal-hal itu, mungkin kegiatan yang satu ini sering kalian temui.

Nirfaedah! Saat Isi Bensin Jangan Goyangkan Kendaraan
Penampakan seorang pengemudi tengah menggoyangkan kendaraan saat mengisi bensin (Foto: Viva)

Belum lama ini beredar video viral tentang seorang pengemudi yang menggoyang-goyangkan kendaraan ketika mengisi bensin pada sebuah SPBU De Jongste Oil, Tanah Merah, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Ya, kebanyakan masyarakat menggoyang-goyangkan kendaraan saat sedang mengisi bensin ke dalam tangkinya. Mereka adalah sekelompok orang yang meyakini bahwa langkah ini dapat membuat bensin lebih cepat mengalir ke dalam tangki dan membuatnya cepat penuh.

Namun apakah hal itu benar adanya? Mitos atau fakta?

Menindaklanjuti video ini, Pertamina belum lama ini mengeluarkan imbauan agar cara itu tidak lagi dilakukan oleh masyarakat.

Nirfaedah! Saat Isi Bensin Jangan Goyangkan Kendaraan
Imbauan dari Pertamina untuk tidak menggoyang-goyangkan kendaraan saat mengisi bensin (Foto: Kumparan)

Duh, kenapa nih kok dilarang goyang-goyang di SPBU? Cari tahu bersama Tim Energi Bangsa, yuk.

Memicu Kebakaran

Berdasarkan banner tersebut, ternyata kebiasaan menggoyang-goyangkan kendaraan dapat memicu timbulnya kebakaran. Ujung nozzle yang terbuat dari besi memiliki muatan yang berbeda dengan ujung tangki. Ketika dua benda ini bertemu dan bersinggungan, akan menghasilkan gesekan listrik statis. Akibatnya, dapat memungkinkan loncatan percikan api.

Walaupun kemungkinan timbulnya kebakaran lebih kecil daripada pengaruh rokok atau penggunaan ponsel, namun hal ini tetap harus diwaspadai. Sebab segala risiko dan musibah bisa terjadi kapan saja.

Tindakan Sia-sia

Jika Sobat Energi berpikir mencintai orang yang tidak bisa kita miliki adalah perbuatan yang sia-sia, tenang saja. Ternyata menggoyangkan kendaraan juga lebih sia-sia.

Menurut Pertamina, Bahan Bakar Mesin (BBM) adalah benda cair, sehingga tanpa perlu digoyangkan cairan bensin tetap dapat mengalir dan masuk ke dalam tangki.

Posisi tangki telah didesain dengan posisi lebih rendah sehingga ketika nozzle dimasukkan, bensin dapat mengisi seluruh ruang dalam tangki.

Jadi, jika Sobat Energi melihat ada orang yang masih menggoyang-goyangkan kendaraan saat mengisi bensin, jangan ragu, langsung sentil saja lutut kakinya. Hehe.

Mulai dari dari lini terdekat seperti keluarga, teman, dan pacar, yuk sebarkan energi positif dengan mengedukasi masyarakat bahwa hal ini tidak baik. Mending goyang-goyangkan badan sambil dengerin lagu kesukaan!

Related Articles

Back to top button