fbpx
Gaya HidupKesehatanRagam Bangsa

Niksen, Metode Unik Mengelola Stress

ENERGIBANGSA.ID — Setiap orang tentunya pernah mengalami stress bukan?. Penyebabnya pun beraneka ragam mulai tekanan dari pekerjaan, tekanan dalam kehidupan sosial, hingga masalah-masalah yang sekiranya tak mampu untuk kita hadapi sesaat sehingga membuat kita merasa tertekan.

Kita pun bisa melakukan banyak hal untuk menghilakan stress tersebut. Mulai dari bermain game, musik, membaca novel, mendengarkan lagu hingga mencari teman untuk mengobrol.

Tapi ada cara baru yang unik untuk dilakukan manakala kita sedang menghadapi stress yang cukup berat, lho, dan bisa dilakukan oleh sobat energi dimanapun berada.

Di Eropa utara saat ini sedang tren dengan metode atau konsep dari Belanda untuk mengelola dan melawan stress.

Namanya adalah Niksen. Secara harfiah, niksen diartikan sebagai tidak melakukan apa-apa, diam, atau melakukan sesuatu tanpa ada gunanya.

Berbeda dengan Lagom dan Hygge, konsep Niksen sangatlah sederhana. Sebab, konsep ini lebih ke arah membiarkan pikiran berkeliaran daripada fokus pada detail dari suatu tindakan. 

Niksen, Metode Unik Mengelola Stress
ilustrasi tidak melakukan apa-apa dalam serial kartun Spongebob Squarepants. (dok. miboodle.com )

Meskipun di Belanda, negeri metode ini berasal, sebagaiamana informasi yang didapat tim energibangsa.id, sepanjang sejarah negara tersebut, niksen dipandang sebelah mata.

Hal ini tak lepas dari maksud dari niksen sendiri yaitu tidak melakukan apa-apa sehingga cenderung menggambarkan sosok pemalas dan tidak produktif.

Meski demikian, dari hasil penelitian yang ada Niksen memiliki banyak manfaat yang dapat membantu kita menghadapi stress lho.

Direktur pelatihan di Greater Good Science Center di University of California, Amerika Serikat, Eve Ekman, yang mempelajari stres dan kelelahan, melihat manfaat nyata dari Niksen.

Ketika tingkat stres melonjak di Amerika Serikat dan secara global, yang berdampak buruk bagi kesehatan, seperti menyebabkan kelelahan, niksen atau tidak melakukan apa-apa dipandang sebagai cara positif untuk melawan stres. 

Eve pun menyebutkan niksen mampu menurunkan kecemasan, membatasi proses penuaan, dan memperkuat kemampuan tubuh melawan flu.

Selain itu manfaat lain dari niksen adalah membantu orang-orang menemukan ide-ide baru.

“Bahkan ketika kita ‘niks’ atau tidak melakukan apa-apa, otak kita masih memproses informasi dan dapat menggunakan kekuatan pemrosesan yang tersedia untuk menyelesaikan masalah yang tertunda,” tambah Ruut Veenhoven, seorang sosiolog dan profesor di Universitas Erasmus Rotterdam yang mempelajari kebahagiaan.

Tidak hanya itu ternyata niksen juga membantu kita untuk menyelesaikan masalah-masalah yang tertunda, lho.

Jadi tenaga yang tersedia saat kita ber-“niks” juga membuat kita mampu untuk memikirkan solusi dari masalah-masalah lama tersebut.

Bahkan Sebuah studi yang dipublikasikan pada 2013 di Frontiers in Psychology tentang pro dan kontra dari melamun menunjukkan bahwa proses itu dapat membantu seseorang mendapat inspirasi untuk mencapai tujuannya.

Niksen, Metode Unik Mengelola Stress
Seseorang yang sedang melamun memadang pemandangan di luar jendela. (dok WinNetNews.com )

Dengan melamun seseorang akan mendapat pencerahan apa yang mesti dilakukan untuk memenuhi tujuan di masa depan.

Sementara untuk melakukan Niksen, kita bisa menggunakan banyak cara. Misalnya Kita bisa memulainya dengan sekadar jalan-jalan, melihat sekeliling, atau mendengarkan musik selama itu tanpa tujuan alias tidak dilakukan untuk menjadi produktif.

“Atau bisa dilakukan hanya duduk di kursi dan melihat ke luar jendela,” ujar Veenhoven seperti dikutip tim energibangsa.id dari tempo.co

Kendati begitu, tidak banyak orang mampu untuk tidak melakukan apa-apa atau ber-niks.

Bahkan, bisa agak sulit untuk sekedar duduk diam dan menatap ke luar jendela sepanjang hari.

Sebab bagi orang yang terbiasa melakukan sesuatu setiap hari, hal ini cukup memberatkan dan terasa agak aneh.

Walaupun cukup aneh,  Niksen tetap berguna dan bermanfaat sebagai relaksasi. Tapi mungkin memang nggak semua orang bisa menerapkan gaya hidup ini. 

Veenhoven menekankan sekali lagi bahwa kita harus mencari proses relaksasi yang cocok dan pas buat kita.

Yang penting lagi ketika melakukan niksen adalah kita tidak butuh tujuan. Kita hanya butuh tidak melakukan apa-apa tanpa faedah.

Related Articles

Back to top button