fbpx
Ekonomi & Bisnis

Ngeri!! Dana Desa Calon Ibu Kota Baru Naik Jadi Rp38 Miliar

SEMARANG, energibangsa.id—Pemerintah menaikkan anggaran dana desa untuk Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menjadi Rp38 miliar. Demikian, dilansir dari medcom.id, Jumat (12/2/2021).

Konon, dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2021 itu dialokasikan bagi 30 desa di calon ibu kota baru Indonesia.
 
“Dana Desa dari pemerintah pusat tahun ini ada kenaikan menjadi Rp38 miliar,” ujar Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara Nurbayah, Jumat, 12 Februari 2021.

Naik Rp2 miliar, lho!

Ia menjelaskan alokasi dana desa meningkat Rp2 miliar dibanding tahun sebelumnya yang hanya Rp36 miliar.

Sementara Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021 Kabupaten Penajam Paser Utara nilainya sama seperti tahun sebelumnya, yakni sekitar Rp73 miliar.

Dana Desa terendah yang diterima salah satu desa sekitar Rp2,7 miliar, sedangkan yang tertinggi mencapai lebih kurang Rp7 miliar.
 
“Pembagian dana desa tersebut tidak bisa sama karena pembagiannya berdasarkan jumlah penduduk tiap desa, jumlah penduduk miskin, luas desa, serta indeks kesulitan geografis,” ungkapnya.
 
Dana desa yang bersumber dari APBN maupun APBD itu, lanjut dia, untuk pembangunan sumber daya manusia, kesehatan, pendidikan, perekonomian.

Serta, untuk gaji aparat desa serta lainnya berkaitan dengan kegiatan desa.
 
Nurbayah pun berharap dana desa benar-benar digunakan untuk pembangunan di masing-masing desa, jangan sampai disalahgunakan karena dana desa untuk kepentingan masyarakat.

“Penyaluran Dana Desa masih menunggu evaluasi Peraturan Bupati Penajam Paser Utara dari Biro Hukum Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur,” pungkasnya. (*)

Related Articles

Back to top button