fbpx
Ekonomi & BisnisKabar Daerah

Nangkula Park, Tempat Wisata yang Dikelola BUMDes Larasati milik Desa Kendalbulur

Tulungagung, energibangsa.id – Nampaknya BUMDes di Jawa Timur benar-benar bisa menjadi cerminan tingkat kemajuan desa. Salah satunya ada di Kendalbulur, Tulungagung, Jawa Timur.

Kendalbulur merupakan salah satu desa yang sedang gencar mengembangkan destinasi wisata yaitu Nangkula Park, sebuah taman yang memiliki banyak obyek wisata yang menarik dan eksotis.

Selama 5 bulan masa pandemi, Nangkula Park justru menghasilkan 1,5 Miliar dari hasil kunjungan wisata

Dikutip dari desapedia.com, di dalam Nangkula Park juga terdapat lapangan bola dan dipinggirnya dipenuhi bunga layaknya taman tulip di Belanda.

Sebagai informasi, Nangkula Park dikelola oleh BUMDes Larasati milik Desa Kendalbulur itu juga memfasilitasi seniman khususnya seniman loka untuk berkreasi.

Modal 1 Milyar, 5 Bulan Balik Modal

Kepala Desa Kendalbulur Anang Mustofa menuturkan, ide awal membuat Nangkula Park ini adalah menyediakan fasilitas lapangan yang bisa menjadi tempat rekreasi warga. Taman ini dibangun di atas lahan aset desa dan dikelola oleh Bumdes setempat.

Nangkula Park dirintis pada awal 2020 dengan modal kurang lebih Rp 1 miliar dengan rincian Rp 407 juta berasal dari BUMDes dan 757 juta dibantu Pemprov Jawa Timur.

Hasilnya sangat memuaskan. Dalam waktu satu bulan pertama wisata ini mampu memperoleh pemasukan hingga Rp 500 juta.

“Pendapatan tersebut berasal dari tiket masuk, mengelola parkir dan menjual makanan serta minuman di resto,” jelasnya.

Nangkula Park, Tempat Wisata yang Dikelola BUMDes Larasati milik Desa Kendalbulur

Saat ini selama 5 bulan masa pandemi, Nangkula Park justru menghasilkan 1,5 Miliar dari hasil visitasi pengunjung di sana.

Beri Subsidi Tani, Kesehatan, dan Pendidikan

Hasil pendapatan Nangkula Park ditetapkan melalui RPJM Desa yang kemudian dialokasikan untuk subsidi tani, kesehatan dan pendidikan.

Nangkula Park, Tempat Wisata yang Dikelola BUMDes Larasati milik Desa Kendalbulur

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar yang berkesempatan hadir di Desa Kendalbulur.

Pujian dari Kemendesa

Politisi PKB itu sekaligus meresmikan Desa Digital pada Kamis (29/10) lalu menjelaskan, Kendalbulur adalah salah satu desa yang patut dicontoh, karena kreatif menggunakan dana desa yang diberikan oleh negara sehingga bermanfaat kepada warganya secara luas.

“Saya sepakat sekali ketika Pak Kepala Desa ini berusaha semaksimal mungkin agar duit itu masuk tapi prinsip ekonomi untuk membangun sebanyak-banyaknya. Di desa ini tidak ada duit yang keluar itu artinya rakyatnya kan cepet sejahtera karena duitnya dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya. (yab/desapedia)

Related Articles

Back to top button