persijap
coach Sahala bersama manajemen saat mengumumkan nama-nama pemain baru dan perubahan nama (doc official Persijap)
BusinessEkonomiOpini

Nama Persijap Tidak Berubah, Hanya Ditambah!

0

ENERGIBANGSA.ID – Memasuki persijap liga 3 musim 2020, jajaran direksi dan manajemen Persijap mengumumkan sejumlah nama yang berhasil diamankan untuk berlabuh di Gelora Bumi Kartini, sekaligus mengumkan perubahan nama Persijap Jepara.

Nama Persijap Jepara nanti akan dirubah menjadi Persijap Oasis Water Jepara. Sontak pengumuman ini menjadi sebuah berita besar bagi publik sepakbola Jepara.

Banyak pihak suporter yang marah, karena khawatir nantinya terjadi perubahan nama secara total, hingga ‘bedol desa’ pindah ke kota lainnya, lalu menjadi klub siluman.

Suporter Terbelah

Hingga artikel ini ditulis, pro-kontra terkait perubahan nama Persijap Jepara menjadi Persijap Oasis Water Jepara masih ramai diperbincangan panas di media sosial.

Di akun resmi Persijap, beberapa netizen yang sinis menulis komentar-komentar sarkas, seperti “Laskar Air Galon,” “Laskar Toyo Pethak”, “Laskar Banyu Putih” dan sebagainya.

Ada pula yang membandingkan perubahan nama itu dengan tim sepakbola di kota lain, dari Persisam menjadi Bali United. Persipasi Bekasi dan Pelita Bandung Raya yang merger kemudian menjadi Madura United.

Hal itu semata-mata karena kecintaan publik Jepara kepada Persijap, mereka tidak ingin nasib tim kebanggaannya di kemudian hari tiba-tiba berganti nama menjadi tim kota lain.

Kochang, salah seorang pemerhati sepakbola Jepara menyayangkan perubahan nama itu tidak melibatkan pemegang saham lainnya.

“Kalau mau merubah nama, mintalah persetujuan atau sosialisasi dulu, Persijap itu super club bentukan dari klub-klub anggota askab jepara,” tulisnya.

Komitmen Presiden Klub

Presiden Klub, M. Iqbal Hidayat, dalam keterangan tertulisnya menyebut bahwa perubahan nama itu semata-mata untuk strategi marketing dan re-branding bagi kedua belah pihak, baik untuk Persijap maupun bagi Oasis, selaku sponsor dan owner; pemegang saham terbesar Persijap saat ini.

Setidaknya ada 5 point penting yang ditegaskan pengusaha air mineral dalam kemasan itu terkait rebranding Pesijap bersama Oasis ini.

Pertama, nama Jepara tidak akan pernah dihilangkan karena selalu melekat di nama Tim Persijap sebagai tim bola kebanggaan Kota Jepara.

Kedua, nama Persijap itu sendiri tidak akan pernah berubah selamanya.

Ketiga, lambang Tim Persijap tidak akan pernah diubah atau berganti selamanya.

Keempat. Persijap akan selamanya berlokasi & memiliki Home Base di Kota Jepara.

Simbiosis Mutualisme

Uniknya, dalam keempat pernyataan itu, Iqbal Hidayat selalu menekankan kata-kata “harga mati” di setiap akhir statemennya, seolah menandaskan komitmennya untuk publik Jepara.

Kelima, PT. Oasis Waters International sudah menjadi tulang punggung tunggal Tim Persijap dari musim lalu & berkomitmen jangka panjang di Kabupaten Jepara.

Ia menilai bentuk kerjasama simbiosis mutualisme ini sangat dibutuhkan demi menopang keadaan finansial Tim Persijap sebagai klub sepakbola yg ingin berprestasi di sepakbola nasional indonesia.

Iqbal membawa misi sebuah “Commercialization Of Football” dengan memadukan konsep merger antara klub sepakbola & korporasi.

Edukasi Sepakbola Industri

Sementara itu, tercata ada beberapa netizen lainnya berusaha menengah-nengahi polemik ini. Mereka mengedukasi ke sesama suporter bahwa era sudah berubah.

Komitmen Oasis untuk menjadi investor jangka panjang ini harusnya direspon positif oleh publik sepakbola Jepara, artinya sejak saat ini hingga musim-musim selanjutnya, manajemen tidak perlu pusing memikirkan mencari sponsor baru sebelum kompetisi dimulai.

Karena dengan mergernya Oasis di dalam tubuh Persijap, ini menjadi sinyal bagus untuk Persijap ke depannya, dimana kontrak pemain menjadi jelas, dan itu akan menjadi stimulan bagus agar pemain-pemain loyal kepada Persijap.

Nama Tidak Berubah, Hanya Ditambah

Adji Ayomi, Salah soerang pemerhati branding menyebut apa yang dialami Persijap bukanlah merubah nama, melainkan hanya menambah nama saja.

“tidak ada yang berubah, hanya penambahan nama saja di tengah,” ujarnya.

Jadi mari berfikir dengan kepala dingin, nama Jepara tidak hilang hanya karena ada imbuhan nama tengah Oasis Waters di nama Persijap. Toh, Presiden klub sudah berjanji tidak akan merubah nama asli Persijap, tidak akan memindah home base. Lagi pula merubah nama, pindah home based juga sudah mulai dilarang PSSI. Jadi apalagi yang diragukan?

Presiden juga memiliki target promosi Liga 1, kalau perlu menjadi juara liga 2. Dalam sisi bisnis, ini adalah era terbaik yang pernah dialami Persijap dibanding musim-musim sebelumnya. Maka bersatulah, buat investor juga merasakan nyaman di kota kita.

  • Yanuar Aris Budiarto, Pecinta Persijap sejak 90-an
Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Persijap Oasis Waters Jepara Resmi Kontrak 15 Pemain Gelombang Pertama

Previous article

Begini Fakta Jamaah Ahmadiyyah yang Berhasil Dikupas FKUB Jateng

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Business