Ekonomi & BisnisRagam Bangsa

Nalacity, Harapan Baru Bagi Perekonomian Mantan Penderita Kusta

ENERGIBANGSA.ID – Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pekerjaan yang layak tanpa memandang kekurangan yang dimiliki. Dibalik kekurangan pasti ada kelebihan yang tanpa sadar orang tidak akan mengetahuinya.

Hafiza Elfira Novitarini, kelahiran Jakarta 22 September 1990 merupakan cewek berprestasi alumni Universitas Indonesia yang aktif dalam berorganisasi. Salah satu orang dari ribuan orang yang sangat peduli dengan lingkungan sosial tidak heran jika dia menjadi CEO Nalacity.

Banyak yang sudah tahu mengenai Nalacity tetapi ada beberapa yang belum mengetahui. Nalacity awalnya hanya komunitas saja kemudian berubah menjadi gerakan sosial yang dibentuk oleh Hafiza Elfira bersama keempat temannya yaitu Andreas Sanjaya, Alfi Syahriyani, Arriyadul Qolbi, dan Yovita Salsya pada tahun 2011.

Berawal dari sebuah training Internal Leadership yaitu ILDP di kampus, Mereka mendapatkan sebuah ide untuk menghasilkan sebuah produk handmade yang bernilai harganya dengan memperdayakan OYPMK atau Orang Yang pernah mengalami kusta yang sudah sembuh. Melihat ada jalan keluar untuk membantu meningkatkan kualitas kehidupan untuk orang-orang khususnya wanita dan keluarga penderita yang pernah mengalami kusta di Sitanala sehingga akan mendapatkan hidup yang lebih layak.

Hal tersebut dikarenakan banyak orang-orang Sitanala yang pernah menderita kusta dikucilkan karena takut akan tertular penyakit tersebut padahal akan sangat sulit untuk menular jika tidak kontak secara langsung dengan luka.

Fiza dan keempat temannya dengan tekun sabar memberikan keterampilan untuk menghias, menjahit hijab dengan manik-manik, membuat Aksesoris Bros, pakaian yang cantik yang memiliki makna masing-masing.

Tidak hanya itu, orang-orang di Sitanala mendapatkan pengajaran tentang cara meningkatkan kualitas hidup, mendapatkan pengetahuan baru, memberikan support motivasi dan kesehatan. Tidak mudah memang, pertama hanya ada lima orang saja yang tertarik dan berminat untuk bekerjasama bahkan ada saja yang keluar dengan berbagai alasan.

Bahkan produk yang ditawarkan pun sangat sulit diterima masyarakat, karena berpikir akan tertular penyakitnya. Tetapi karena produk handmade yang dibuat oleh Nalacity sangat bagus dan berkualitas maka lama-kelamaan mengalami perkembangan dan laku di pasaran, banyak masyarakat yang tertarik untuk membeli hasil karya Nalacity karena terbilang sangat cocok harganya dan desain modelnya yang trendy.

Nah ternyata tidak hanya orang normal saja yang butuh untuk mendapatkan penghidupan yang lebih layak. Semoga dapat menginsipirasi dan memotivasi Sobat Energi untuk berkarya dan tetap mempedulikan orang lain.

Related Articles

Back to top button