fbpx
Kabar Daerah

Nakes di Kota Semarang Jadi Prioritas Pertama Yang Menerima Vaksin Covid-19

SEMARANG, energibangsa.id – Menjadi golongan pertama yang terprioritaskan dalam halnya penyuntikkan vaksin Covid-19, tercatat ada sekitar 15.488 tenaga kesehatan di Kota Semarang yang akan mendapat vaksin.

Sebelumnya terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh nakes agar bisa mendapat vaksin pada tahap pertama. Antara lain telah terdaftar di SISDMK (Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi SDM Kesehatan) yang mencangkup dokter umum, spesialis, perawat, bidan dan para jajarannya.

Abdul Hakam selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang juga menyebutkan para tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19 akan mendapat prioritas utama pula.

“Nanti secara prioritas misal contoh di rumah sakit yang tangani COVID-19, (nakes) yang berhubungan dengan pasien COVID-19. Rumah Sakit yang besar tipe A dan B yang jumlah kasusnya banyak,” ucap Hakam.

Berdasarkan kriteria itu, Hakam mengaku tidak tahu pasti siapa saja yang bakal mendapat vaksin pertama kali. Dia menyebut bagi nakes yang mendapatkan vaksin pada tahap pertama akan mendapatkan SMS pemberitahuan dari Kominfo.

Informasi tambahan, telah ada 62.560 dosis vaksin COVID-19 Sinovac yang tiba di gudang farmasi Dinkes Jateng di Semarang hari Senin (4/1) kemarin. Dinkes Jateng menyebut akan ada 31.255 nakes yang bakal divaksin pada 14 Januari 2021.

“Semuanya (kabupaten/kota) dapat, tapi jumlahnya tidak sama. Misalnya Kota Semarang tahap awal ini akan dapat 5.450 dosis, dan Solo mendapat 4.364 dosis. Untuk daerah lain, sedang kami finalisasi jumlahnya,” kata Kepala Dinkes Jateng Yulianto Prabowo, kemarin. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button