Bina Nusantara University perguruan tinggi terbaik
Salah satu Gedung Bina Nusantara University. (dok. idntimes.com).
Kabar IndonesiaNasionalPendidikanRagam Bangsa

Naik Peringkat, Bina Nusantara University Masuk 800 Perguruan Tinggi Terbaik Di Dunia

0

ENERGIBANGSA.ID – Lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia, Quacquarelli Symonds, kembali merilis QS World University Ranking tahun 2019-2020. Survei atau pemeringkatan ini dilakukan terhadap lebih dari 1.620 perguruan tinggi dari seluruh dunia. Terdapat 9 perguruan tinggi Indonesia yang berhasil masuk dan menjadi  1.000 besar perguruan tinggi terbaik di dunia.

Dari kesembilan tersebut salah satunya terdapat nama Bina Nusantara University (BINUS). Pada tahun ini Bina Nusantara University (Binus) untuk pertama kalinya berhasil menduduki peringkat 801-1.000 QS World University Rankings 2019-2020. Sebagaimana dilansir dari edukasi.kompas.com.

Sedangkan untuk posisi perguruan tinggi terbaik di Indonesia, Universitas tersebut berhasil memperolah peringkat 8 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Peroleh ini naik satu tingkat dari tahun 2018 yang berada di posisi 9.

Hal ini menjadi suatu kebanggan bagi kampus yang awalnya didirikan sebagai bisnis keluarga yang bergerak di bidang pendidikan komputer. Selain itu dalam kesembilan perguruan tinggi Indonesia yang berhasil masuk dalam QS World University Ranking tahun 2019-2020 , hanya BINUS yang menyandang perguruan tinggi swasta. Kedelapan lainnya merupakan perguruan tinggi negeri.

9 universitas terbaik Indonesia menurut QS World University Rankings (dok. binus.ac.id)

Dari hasil pemeringkatan tersebut, Binus mendapat dan menyandang predikat “4 Star” yang merupakan satu-satunya dalam sepuluh besar perguruan tinggi terpilih. Penilaian ini didasarkan dalam 6 indikator yang meliputi :

1. Academic Reputation, dengan jumlah nilai 40 persen (Indikator ini mengukur unsur akademik secara menyuluruh).

2. Employer Reputation dengan jumlah nilai 10 persen (Indikator ini mengukur kualitas lulusan dari sisi pengguna tenaga kerja).

3. Citations per Faculty dengan nilai berjumlah 20 persen (Indikator ini mengukur jumlah publikasi yang dihasilkan per fakultas dengan dampak dan kualitas karya Ilmiah yang dihasilkan dalam suatu perguruan tinggi).

4. Faculty Student, dengan nilai berjumlah 20 persen (Indikator ini mengukur kualitas kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi).

5. Internasional Faculty dengan nilai berjumlah 5 persen (Indikator ini mengukur jumlah mahasiswa asing di Fakultas/perguran tinggi).

Rektor Bina Nusantara University, Prof. Harjanto Prbaowo, seperti tim energibangsa.id kutip dari laman resmi universitas tersebut binus.ac.id, mengatakan “Syukur dan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan pemerintah, masyarakat, stakeholders, serta kerja keras Binusian (sapaan Civitas akademika-red) yang mendorong Binus University dapat terus meberikan kontribusi pendidikan terbaik bagi Nusantara,”.

Tidak mudah bagi perguruan tinggi untuk masuk ke dalam 10 besar pemeringkatan QS World University Ranking. Dengan pencapaian ini, Binus telah membuktikan komitmennya untuk terus menyediakan pendidikan yang berkualitas global yang dapat membinan dan memberdayakan masyarakat.

Terlebih lagi, menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 seperti saat ini. Selain menciptakan ilmu pengetahuan yang inovatif, adaptif, dan kompetitif, perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta semakin ditantang untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi perubahan global dan persaingan Internasional.

Sobat energibangsa.id semoga kedepannya perguruan tinggi kita banyak yang masuk QS World University Rankings ya…

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Manfaatkan Peluang, Agung Podomoro Bangun Perumahan di Atas Mal

Previous article

Akhir Tahun Ini, BukaLapak Siap Incar Status Decacorn dan Menjadi Raksasa Startup Ketiga di Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.