Energi MudaKabar IndonesiaKesehatan

Musthofa Smith, Dokter Kecil Penemu Obat Herbal dari Daun ‘Abang Hati’

ENERGIBANGSA.ID – Usia muda tidak menjadi penghalang untuk terus menemukan ide-ide baru demi menyerap manfaat yang mampu dalam membantu atau mengatasi beberapa gangguan penyakit.

Siapa bilang siswa sd tidak mampu menemukan ide baru ? Buktinya Siswa kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Darul Aitam Palembang bernama Musthofa Smith mampu menemukan obat herbal dengan memanfaatkan apa yang ada lingkungan sekitarnya yaitu menggunakan daun abang hati saat mengikuti acara pemilihan dokter cilik khusus tingkat SD yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Palembang.

Berawal dari kakaknya yang sedang sakit peradangan amandel, membuat Musthofa berinsiatif dan berinovasi melakukan penelitian dari ide yang diberikan oleh neneknya sehingga membuat sang kakak tidak jadi operasi karena daun abang hati memiliki kandungan antioksidan tinggi yang sangat baik untuk kesehatan.

Cara pembuatannya sangat mudah dengan daun segar yang baru dipetik, dicuci sampai bersih dengan menggunakan air matang, diparut dan kemudian diambil saripatinya. Setelahnya bisa langsung diminum atau hanya sekedar di oleskan pada bagian yang sakit.

Tidak hanya mampu mengobati amandel, daun abang hati juga berguna mengobati kutil, gatal-gatal pada kulit dan mata, ambein setelah bersalin dan radang tenggorokan.

Dilansir dari idntimes.com, Dr Santi selaku panitia menyebutkan bahwa penemuan tersebut harus diteliti kembali dan memahami banyak aspek untuk mengetahui efek samping yang berdampak bagi orang lain.

Meskipun tidak menang dan tidak masuk kedalam 10 besar karena kurang memenuhi syarat sehingga tidak mampu untuk memarken hasil temuannya ini. Tetapi penemuannya ini dapat mengajarkan kepada generasi muda untuk tidak takut dalam menemukan inovasi-inovasi baru demi dibagikan ke orang lain manfaat yang di dapatkan.

Related Articles

Back to top button