fbpx
Kabar Daerah

Mudik Lokal, Kakorlantas : 30 Persen Kebanyakan Menuju Jawa Tengah

SEMARANG, energibangsa.id – Operasi Lilin Candi 2020 sedang dilakukan olah satuan polisi. Berdasarkan pantauan, sebanyak 30 persen pemudik dalam libur tahun baru 2021 kebanyakan menuju Jawa Tengah.

Dilansir detik.com, Selasa (29/12), Kementerian Perhubungan juga membenarkan sebanyak 30 persen mudik lokal tahun ini menuju Jawa Tengah. Evaluasi mudik akhir tahun tetap harus dilakukan oleh pihak polisi karena perlu dipersiapkan beberapa antisipasi.

Kepala Korlantas Polri, Irjen Istino mengatakan, harus ada antisipasi menyikapi banyaknya pemudik yang ke Jawa Tengah. Salah satunya yaitu antisipasi terhadap kerumunan dan menjaga ketat protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan harus dijaga ketat karena kapan berakhirnya pandemi Covid kita tidak tahu. Dan harus kita cegah karena ada informasi baru tentang peningkatan kasus,” ungkapnya.

Polri juga tengah menggelar tes Covid-19 secara acak di titik tertentu yang berpotensi terjadi kerumunan. Seperti di rest area, tempat wisata dan kerumunan lainnya. Tes ini tentunya diberikan gratis kepada masyarakat.

Tidak ada keramaian

Polri tidak mengeluarkan izin keramaian pada malam tahun baru 2021. Harapannya hal ini harus dipatuhi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga selama libur natal dan akhir tahun terdapat 70 titik di sepanjang rest area dari Jawa Tengah sampai Jawa Timur.

Pelaksanaan tes rapid antigen ini, merupakan kerja sama dengan BNPB dan menyediakan 20.000 random test Covid-19.  Menurutnya, saat ini kesadaran masyarakat sudah mulai meningkat untuk memastikan kesehatannya agar tidak menularkan penyakit ke orang lain.

“Malam tahun baru kembang api tidak boleh, keramaian tidak diizinkan. Tolong ini dipatuhi sebab jika ada kembang api mengundang kerumunan, reuni-reunian juga harus dihindari,” pungkasnya. (*)

Related Articles

Back to top button