Opini / Gagasan

Motif Penusukan Wiranto dari Kacamata Pakar Ekspresi Poppy Amalya

ENERGIBANGSA.ID – Beberapa hari ini media sosial digegerkan dengan berita penusukan oleh orang tak dikenal kepada Menko Polhukam, Wiranto pada kamis (10/10/19). Kunjungan Wiranto di Pandegelang, Banten untuk meresmikan sebuah gedung di Universitas Mathla’ul Anwar nampaknya harus berakhir tragis dengan insiden penusukan. Pelaku penusukan Wiranto seketika langsung diringkus pihak kepolisian.

Pelaku sebelumnya berpura pura ingin bersalaman sebelum akhirnya melancarkan aksi tusukan ke arah Wiranto. Seorang psikolog sekaligus pakar mikro ekspresi Poppy Amelia mencoba menganalisis ekspresi pelaku penusukan, menurut Poppy pelaku menaruh amarah dan rasa jijik terhadap korban.

“pria yang menusuk Pak Wiranto, alis menukik tajam, mulut agak sedikit di naikkan ke arah hidung, imdikasi adanya kemarahan dan jijik” tulis poppy pada akun istagramnya (10/10/19).

“perhatikan genggaman tanganya terhadap belati yang begitu erat, indikasi kemarahan memuncak, dan terpendam” sambung Poppy.

Menurut Poppy nyaris hampir disetiap kasus serupa pelaku menunjukkan ekspresi jijik pada targetnya. Dari berita yang beredar bahwa pria yang menjadi tersangka ini adalah teroris.

Tidak jelas kemarahan atau kebencian apa yang di pendam pelaku terhadap korban, sampai memicu aksi penusukan ini terjadi. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyebut pelaku diduga terpapar paham radikal. Kepolisian masih terus mendalami identitas terduga pelaku.

Atas kejadian ini Wiranto mendapatkan luka dibagian perut akibat penusukan sebanyak 2 kali yang dilakukan oleh pelaku. Mendapati 2 kali tusukan, Wiranto segera dilarikan ke RSUD Berkah, Pandeglang sebelum akhirnya dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta menggunakan helikopter. Hingga kini kondisi Wiranto sudah berangsur pulih.

Related Articles

Back to top button