fbpx
Kabar Daerah

Monitoring PPKM Mikro, Dico: Penanganan Pasien Covid-19 di Desa Sudah Baik

KENDAL, energibangsa.id—Bupati Kendal Dico M Ganinduto melakukan monitoring Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro di Desa Bebengan, Kecamatan Boja dan Desa Tamanrejo, Kecamatan Limbangan, Senin (8/3/2021).

Menurut Dico, beberapa fasilitas pendukung yang diperlukan dalam PPKM Mikro harus sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

Meski demikian, penanganan pasien Covid-19 oleh pihak desa, secara umum sudah baik.

Peningkatan fasilitas dapur umum

Hanya saja, seperti dikatakan, masih ada hal yang mesti ditingkatkan, salah satunya dapur umum.

“Arahan dari pemerintah pusat yang perlu kita sikapi tentunya terkait PPKM mikro, perlu memiliki fasilitas pendukung,”kata Bupati Dico.

“Di antaranya, harus ada tempat isolasi mandiri, dapur umum yang nanti akan digunakan untuk warga terpapar, dan harus ada partisipasi antara warga dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19,” jelas bupati.

Ditambahkan, petugas Satgas Covid-19 yang berada di Desa, diminta untuk giat memberikan sosialisasi kepada warga terkait Covid-19.

Baik itu pencegahan, maupun memberikan pengertian pentingnya saling membantu apabila ada salah satu warga yang terpapar, untuk tidak dikucilkan namun harus dibantu.

Vaksinasi fokus pada lansia dan pelayan publik

Terkait vaksinasi Covid-19, bupati menegaskan, jika fokus utama vaksinasi masih pada lansia dan pelayan publik.

“Fokus utama kita saat ini adalah pihak lansia. Sebelumnya memang lansia masih diragukan bisa atau tidak. Namun, setelah uji klinis dan itu arahan dari Kementerian Kesehatan, sekarang jadi prioritas kita lansia dan pelayan publik,” ujar Dico.

Adapun untuk pelaksanaannya, bupati berpesan untuk pendataan dapat dilakukan secara cepat dan terbuka, dan data harus terintegrasi secara online.

“Khusus bagi para lansia pendaftaran untuk dilakukan pendampingan dan diawasi agar semua lansia mendapat vaksin,” pungkasnya. (dd)

Related Articles

Back to top button