BUDAYAINSPIRASI INDONESIAKisah MisteriRagam Bangsa

Mitos dan Fakta tentang Bambu Petuk; Konon Bikin Cepet Kaya Raya (1)

ENERGIBANGSA.ID – Dari hari ke hari teknologi semakin berkembang, namun keberadaan hal-hal yang berbau mistik tidak bisa lepas begitu saja dari kehidupan di masyarakat.

Beragam benda masih dipercaya menjadi pusaka yang memberi dampak nyata bagi pemiliknya. Salah satu benda tersebut yakni ‘Pring Petuk’ atau bisa disebut Bambu Petuk.

Sudah sejak lama diyakini bahwa bambu petuk memiliki kekuatan magis yang luar biasa. Hal itu disebabkan karena pertemuan ruas pada Bambu Petuk yang dipercaya merupakan tempat bersemayamnya makhluk halus.

Apa itu Bambu Petuk ?

Bambu Petuk merupakan bambu yang batang buku atau ruasnya saling berhadapan satu sama lain. Benda tersebut sampai saat ini masih dipercaya sebagai pusaka yang bisa bikin seseorang pemiliknya menjadi kaya raya.

Bambu petuk adalah jenis bambu yang berbeda dengan jenis bambu lainnya., yang membuatnya berbeda adalah pada pertemuan ruas batangnya.

Petuk sendiri berarti ruas yang saling bertemu. Pertemuan ruas itu terkadang sering diyakini oleh sebagian orang sebagai tempat bersemayamnya makhluk gaib, sehingga tidak jarang ada banyak mitos yang berseliweran mengenai bambu petuk.Di samping banyaknya mitos itu, ternyata bambu petuk memiliki nilai filosofi yang tinggi.

Salah satunya adalah bambu petuk mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang kuat seperti layaknya bambu petuk yang tidak akan roboh sekalipun diterjang angin sekencang apapun.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan apa itu bambu petuk. Berikut adalah beberapa jenis bambu petuk yang berhasil dirangkum oleh energibangsa.id dari berbabagi sumber

Jenis-Jenis Bambu Petuk

Beragam jenis-jenis bambu petuk. (Foto: Bambupetuk.com)
Beragam jenis-jenis bambu petuk. (Foto: Bambupetuk.com)

Ada beberapa jenis bambu petuk. Perbedaannya ada pada cabang batang bambunya. Berikut jenis-jenis bambu petuk.

1. Bambu Petuk Gunung

Bambu Petuk Gunung biasanya digunakan oleh masyarakat sebagai piranti penglaris serta pemikat atau pengasih. Dengan menggunakan jenis bambu ini, sang tuan dipercaya akan mendapat simpati dari banyak orang sehingga jadi lebih mudah menuju kesuksesan. Bambu jenis ini memiliki bentuk segitiga jika dilihat dari samping.

2. Bambu Petuk Tolak

Bambu jenis ini memiliki dua ruas dengan cabang yang tidak saling berhadapan dan kedua cabangnya terlihat tidak memiliki titik temu. Sehingga, semakin panjang cabang tersebut, akan semakin jauh ujung cabangnya dari arah lurus. Biasanya bambu tolak digunakan oleh orang untuk menolak bala, hal buruk, dan niat jahat dari mereka yang berniat jahat.

3. Bambu Petuk Singkir

Sekilas, bentuk bambu petuk jenis ini cukup mirip dengan pring petuk tolak. Hanya saja, bagian cabangnya memiliki bentuk yang melengkung ke samping batang utama. Mirip seperti cabang yang melingkar pada batang bambu. Bambu petuk singkir ini dipercaya dalam melawan unsur alam. Sehingga, orang percaya kalau menyimpan bambu ini di dalam rumah akan membuat pemiliknya bebas dari bencana.

4. Bambu Petuk Tali Rogo

Biasanya jenis bambu ini dimanfaatkan untuk menjinakkan hewan buas sehingga kebanyakan digunakan oleh para pawing hewan buas. Bambu ini memiliki ciri-ciri dua cabang yang saling bertabrakan di setiap ruasnya.

5. Bambu Petuk Senopati

Bambu petuk senopati memiliki cabang yang seakan memiliki kendali sehingga ketika cabang bambu terlihat akan bertabrakan atau menemui titik temu cabang akan berbelok arah. Jenis bambu petuk dipercaya bisa memberikan kekebalan kepada pemiliknya terhadap senjata tajam dan bisa memberikan keuntungan untuk bermain judi.

6. Bambu Petuk Gelang

Bambu jenis ini memiliki ciri-ciri pertumbuhan cabang gelang dan saling melingkar. Biasanya Petuk Gelang digunakan untuk menemukan harta karun seperti emas, perak, dan minyak bumi. Biasanya pemakai Bambu Petuk Gelang akan memberikan pertanda lokasi benda tersebut dari mimpi.

7. Bambu Jenis Satrio

Bentuk bambu jenis ini cenderung mudah dikenali karena dua ruas cabangnya memiliki arah pertumbuhan yang searah. Biasanya jenis ini digunakan untuk menambah wibawa dan agar disegani oleh orang lain.

8. Bambu Petuk Pikat

Bambu jenis ini dimanfaatkan oleh orang untuk jimat pengasihan. Di mana bambu ini paling banyak digunakan untuk memiliki lawan jenis, disukai atasan, dan disenangi oleh pelanggan.

9. Bambu Petuk Badar

Berbeda dengan jenis lainnya, Petuk Badar memiliki pangkal cabang pada bambu ini berbentuk lurus dan searah sehingga cabangnya terkesan memanjang dan tidak bertabrakan. Bambu ini biasa digunakan sebagai jimat keberuntungan dan dipercaya dapat membantu memenangkan berbagai masalah yang dihadapi oleh pemiliknya.

10. Bambu Petuk Pekik Langkah

Bambu ini memiliki bentuk yang relatif unik karena dua ruasnya tidak langsung saling bertemu. Akan tetapi, ruasnya melangkahi satu batas ruas lagi sebelum cabangnya saling bertemu. Khasiat bambu jenis ini dipercaya memiliki kekuatan dapat memberikan manfaat olah kanuragan di mana pemiliknya bisa menjadi kebal.

11. Bambu Pring Petuk Wali

Pring petuk wali merupakan jenis yang banyak dicari oleh masyarakat karena bambu ini disebut sebagai raja dari bambu yang memiliki tuah. Menyimpan bambu ini dipercaya dapat menaklukkan kodam dari jenis bambu lainnya.

Terlepas dari mitos dan fakta terkait Bambu Petuk itu. Banyak kalangan masyarakat yang memburu benda tersebut, karena diyakini memiliki khasiat dan seribu manfaat yang menguntungkan. Seperti mengundang rezeki, penglaris atau apa saja yang menguntungkan bagi pemiliknya.

“Kami memiliki Pring Petuk atau Bambu Petuk sudah lama sekitar 30 tahun yang lalu. Terkait Pring Petuk ini ada khodamnya kami belum membuktikan,” kata kolektor Pring Petuk Soemarto (76), warga Desa Wonokalang, Kecamatan Krian, Sidoarjo, sebagaimana ditulis detik.com

“Sebagian masyarakat ada yang memiliki kepercayaan seperti itu. Karena pring petuk tercipta dari alam, pemiliknya bisa memiliki kharisma yang luar biasa. Kalau kami yang memiliki beraneka macam dan keunikan pring ini hanya untuk koleksi,” terang Soemarto.

Mantan Kades Wonokalang, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo mengaku memiliki puluhan Pring Petuk. Ia sengaja mengoleksi bambu-bambu langka tersebut karena hobi. Bahkan ada bambu yang sudah berumur ratusan tahun.

Related Articles

Back to top button