BUDAYAKisah MisteriRagam Bangsa

Mitos dan Fakta Bambu Petuk; Konon Bisa Bikin Cepat Kaya (2)

ENERGIBANGSA.ID – Berbicara tentang bambu petuk, kebanyakan orang pasti akan mengaitkannya dengan hal-hal berbau mistis. Banyak orang percaya, bambu petuk digunakan sebagai ‘aji-ajian’ atau jimat untuk mendapatkan kekayaan atau sebagai piranti dalam membangun sebuah usaha agar berhasil.

Bambu petuk adalah jenis bambu yang berbeda dengan jenis bambu lainnya., yang membuatnya berbeda adalah pada pertemuan ruas batangnya.

Petuk sendiri berarti ruas yang saling bertemu. Pertemuan ruas itu terkadang sering diyakini oleh sebagian orang sebagai tempat bersemayamnya makhluk gaib, sehingga tidak jarang ada banyak mitos yang berseliweran mengenai bambu petuk.

Di samping banyaknya mitos itu, ternyata bambu petuk memiliki nilai filosofi yang tinggi. Salah satunya adalah bambu petuk mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang kuat seperti layaknya bambu petuk yang tidak akan roboh sekalipun diterjang angin sekencang apapun.

Berangkat dari manfaatnya yang sakti itu, bambu petuk mempunyai sejumlah mitos yang banyak dipercaya oleh masyarakat. Semisal yang paling populer adalah sebagai tempat bersemayamnya makhluk gaib karena cabang atau rantingnya yang saling bertemu atau berhadapan satu sama lain.

Padahal sebenarnya hal itu hanyalah mitos belaka.Mitos lainnya adalah akan dibawa oleh makhluk halus apabila melangkahi batang bambu yang melintang di jalan. Sebab, bambu petuk diceritakan menjadi tempat tinggal makhluk gaib sehingga jika melangkahinya dianggap tidak sopan dan akan membuat marah penunggunya.

Bambu petuk yang disebut sebagai jimat menguntungkan dan melariskan sesuatu juga sepertinya mitos belaka. Meskipun pada beberapa kejadian, hal ini terbukti. Namun kejadian ini belum bisa dibuktikan kebenarannya melalui ilmiah.

Harga Bambu Petuk

Dengan banyaknya mitos dan jenis yang meliputi bambu petuk, kelangkaan jenis bambu ini tentunya juga membuat orang penasaran dengan harganya. Harga bambu petuk ditentukan dari tingkat kelangkaan dan kemujaraban tanaman sejenis rumput ini. Berikut harganya:

  • Bambu Petuk Gunung: Rp64.000.000
  • Bambu Petuk Gondong Ros: Rp2.500.000
  • Bambu Petuk Jimat Pesugihan: Rp10.000.000
  • Bambu Petuk Belalai Gajah: Rp3.000.000
  • Bambu Petuk Temu Rose: Rp1.500.000

Manfaat Bambu Petuk

Segudang manfaat dari bambu petuk. (Foto: Pixabay - FIetzfotos)
Segudang manfaat dari bambu petuk. (Foto: Pixabay – FIetzfotos)

Berbeda dengan bambu lainnya, bambu petuk memiliki sejumlah manfaat yang lain dari biasanya.

Bambu ini disebut-sebut mempunyai 1000 manfaat yang sangat menguntungkan bagi siapapun yang memilikinya. Mulai dari sebagai pengundang rezeki, penglaris, hingga hal-hal yang bisa membuat seseorang atau pemiliknya menjadi cepat kaya.

Tidak hanya itu saja, bambu petuk juga dipercaya membuat pemiliknya mempunyai karisma yang sangat luar biasa. Ini membuat pemiliknya memiliki nuansa kepercayaan diri yang tinggi dari orang-orang sekitar ataupun mereka yang melihatnya.

Dengan begitu, kala berbisnis atau bernegosiasi, pemilik bambu petuk tidak akan diragukan lagi sehingga bisnis atau negosiasinya akan berjalan sukses. Selain itu, bambu petuk juga bisa menangkal dan menetralisir segala macam serangan gaib, termasuk santet, pelet, teluh, dan guna-guna.

Related Articles

Back to top button