KesehatanRagam Bangsa

Mitos Atau Fakta, Makanan yang Jatuh Sebelum 5 Menit Masih aman Dikonsumsi

ENERGIBANGSA.ID – Tak jarang, masih jadi tanda tanya bagi kita apakah makanan yang belum 5 menit tak sengaja jatuh kita konsumsi lagi masih aman atau tidak?

Istilah yang biasa reflek kita ucapkan saat tidak sengaja menjatuhkan makanan pasti “belum lima menit” lalu segera mengambil kembali makanan itu untuk dikonsumsi sebelum waktu lima menit itu usai. Kebiasaan tersebut memang masih menjadi hal lazim bagi sebagian orang di sekeliling kita.

Tanpa kita sadari aturan tersebut sebenarnya hanya ada karena dibuat oleh kita sendiri yang tak disengaja. Hal unik ini terjadi tak hanya di Indonesia saja lho, di negara-negara barat pun terdapat aturan yang serupa, namun waktunya lebih cepat, yaitu lima detik, sehingga mereka mengenal istilah five seconds rule.

Tetapi, tahukah sobat energi apakah itu mitos atau fakta?
Tim energibangsa.id akan mengulas kebenaran istilah tersebut menurut beberapa penelitian untuk sobat energi ketahui.

Melansir dari Hellosehat.com, Jillian Clarke seorang siswa magang di laboratorium mikrobiologi di University of Illinois, adalah orang pertama yang menyelidiki mitos urban ini secara ilmiah pada tahun 2003. Clarke beserta tim penelitinya menanamkan koloni bakteri E. coli — penyebab sakit perut, diare, dan muntah — pada dua jenis media: ubin kasar dan halus.

Clarke berpendapat bahwa keadaan lantai yang kering tidak memungkinkan bagi banyak patogen, seperti salmonella, listeria, atau E.coli untuk hidup, karena bakteri membutuhkan kelembapan untuk bisa berkembang biak.

Jillian Clarke menjelaskan Mitos “belum lima menit” ini tidak aman, karena ia berpendapat bahwa jika sepotong makanan hanya menghabiskan waktu beberapa detik di lantai, kotoran dan kuman tidak memiliki cukup waktu untuk mencemari makanan tersebut.

Istilah ‘belum 5 menit’ atau lebih terkenal dengan ‘five second rule’ ini juga menarik Robert L. Wolke dari Huffington Post yang menjelaskan bahwa tak ada hubungan antara berapa lama makanan bersentuhan dengan lantai dengan jumlah mikroorganisme patogen yang dikandungnya.

Jurnalis yang juga berprofesi sebagai ilmuwan tersebut mendasarkan asumsi ini pada tayangan TV MythBusters dan beberapa penelitian. “Kuman menyerbu makanan segera setelah makanan tersebut jatuh,” kata Robert melansir dari detikfood.

Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa bersalah karena telah membuang-buang makanan, sementara ada banyak orang kelaparan di belahan dunia lain.

Nah, bagaimana menurut sobat energi mintos atau fakta mengonsumsi makanan ‘belum lima menit ini’. Apakah istilah ini akan masih kalian anut?

Related Articles

Back to top button