fbpx
Nasional

Mirip Seragam Polri, Ini Lho Filosofi Seragam Baru Satpam

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Filosofi seragam baru satuan pengamanan (satpam) menjadi sorotan publik. Merujuk pada Peraturan Kapolri Nomor 24 Tahun 2007, mewajibkan manajemen pengamanan operasi perusahaan wajib menyesuaikan peraturan tersebut paling lambat satu tahun dari diundangkannya peraturan.

Pemberlakuan seragam dan atribut anggota satpam sebelumnya telah di atur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi Perusahaan dan/atau Instansi.

Selain itu, lembaga pemerintah tetap dapat digunakan dan wajib menyesuaikan dengan peraturan kepolisian ini paling lambat satu tahun terhitung sejak peraturan kepolisian ini diundangkan.

Berikut adalah makna dan filosofi dibalik seragam baru satpam yang telah dirangkum tim energibangsa.id.

Warna Coklat

Seragam satpam kini didominasi oleh warna cokelat. Cokelat muda untuk baju, dan cokelat tua untuk celana, dengan makna cokelat identik dengan warna tanah atau bumi kayu yang menggambarkan warna alam.  

Pemilihan warna cokelat sebagai warna netral berarti, lambang kebersahajaan, pondasi stabilitas, kehangatan, rasa aman dan nyaman, serta rasa percaya keanggunan, ketabahan, dan kejujuran.

Filosofi ini juga merupakan harapan terhadap kinerja satpam di era modern. Sehingga menjaga keamanan bisa menggunakan bantuan teknologi untuk membantu efesiensi kerjanya.

Seragam Mirip Polisi

Filosofi kemiripan seragam satpam dengan Polri diharapkan dapat terjalin kedekatan emosional antara Polri dan satpam.  Keinginan untuk ikut serta menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas.

Hal ini juga sebagai cara untuk memuliakan profesi satpam, menambah penggelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat.

Lambang Pam Swakarsa

Kini pada seragam satpam terdapat lambang kepangkatan berlogo Pam Swakarsa dan disertai deretan segitiga, tergantung pangkat.

Untuk satu segitiga untuk pangkat dasar. Dua segitiga untuk tingkat madya. Terakhir, tiga segitiga untuk tingkat utama.

Berdasarkan warna. Kita bisa melihat sudah pada tingkat apa satpam tersebut.  Putih untuk pelaksana, kuning untuk supervisor, dan merah untuk manajer.

Semangat untuk satpam baru. Semoga bisa menjaga keamanan dengan amanah. Ciiaw. (Fadli/EB).

Related Articles

Back to top button