fbpx
Kabar Daerah

Miliki Banyak Manfaat, Pemprov Jateng Bagikan 1900 Bibit Kelapa Genjah Entok

BANJARNEGARA, energibangsa.id – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membagikan bantuan 1900 bibit kelapa Genjah Entok kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (KP) Banjarnegara.

Bibit kelapa ini dibagikan ke setiap kepala keluarga dan masing-masing mendapatkan 4-5 pohon. Kelebihan dari pohon ini yaitu pohonnya pendek hanya berkisar 3-4 meter, cepat berbuah, berdaging tebal dan berbuah banyak. Kelapa Genjah Entok merupakan kelapa asli daerah Kebumen yang memiliki banyak peminat.

Tak perlu menunggu lama untuk berbuah, bibit kelapa jenis ini sudah bisa berbuah kurang dari tiga tahun. Sehingga diharapkan nantinya bisa memberikan nilai tambah bagi petani dan bisa mencegah erosi. Hal ini dikarenakan akar kelapa ini sangat kuat dan berakar serabut.

Dilansir dari Times Indonesia, Kepala Dinas Pertanian dan KP Banjarnegara, Totok Setya Winarna melalui Kepala Bidang Hortikultura dan Perkebunan, Erwien Indriatmoko mengatakan, bantuan bibit kelapa dibagikan di lima kecamatan yaitu Kecamatan Susukan, Purwonegoro, Bawang, Wanadadi dan Punggelan.

Miliki Banyak Manfaat, Pemprov Jateng Bagikan 1900 Bibit Kelapa Genjah Entok

Manfaat Kelapa Genjah Entok

Tujuan dengan adanya pembagian bibit kelapa ini yaitu untuk membantu keluarga yang terdampak Covid-19 dengan memanfaatkan beberapa manfaat yang ada.  Kelapa jenis ini memiliki perbedaan seperti menghasilkan banyak santan dibandingkan dengan kelapa jenis lain.

Setidaknya terdapat 19 manfaat Kelapa Genjah Entok dengan memanfaatkan akar, batang, daun, daging buah kelapa, air, batok dan sabut kelapa. Contohnya manfaat dari akar yaitu bisa sebagai obat herbal, kontruksi bangunan dan juga kerajinan tangan yang membawa nilai ekonomis. Manfaat lain dari Kelapa Genjah Entok yaitu sebagai penangkal racun, obat pencernaan dan juga bisa sebagai isotonik. (*)

Related Articles

Back to top button