fbpx
Kesehatan

Meski Tinggi Kalori, Boba Tea Adalah Sumber Energi

ENERGIBANGSA.ID – Boba tea nampaknya tengah naik daun beberapa waktu belakangan ini. Gerai minuman teh asal negeri Meteor Garden ini selalu ramai dan penuh dengan antrean dari para penggemarnya. Pada media sosial Instagram pun tak sedikit masyarakat yang mengunggah postingan tengah menikmati minuman kekinian ini.

Boba tea atau disebut juga dengan bubble tea adalah minuman teh yang disajikan dengan tambahan boba sebagai toppingnya. Boba tea pertama kali dirilis di Taiwan pada tahun 1980 lalu menjadi populer pada tahun 1990 di kawasan Asia dan Eropa.

Boba sendiri terbuat dari bahan dasar tepung tapioka dengan rasa manis dan berbentuk bulat seperti mutiara. Tampilan boba yang unik membuat banyak masyarakat tertarik dan rela mengantre panjang untuk mengonsumsinya. Rasanya yang manis membuat banyak orang menjadikan minuman ini sebagai minuman favorit.

Rahma, salah seorang karyawati swasta sekaligus penikmat boba menuturkan bahwa dalam seminggu dia bisa dua kali menjajakan uangnya untuk mendapatkan minuman ini.

“Aku setiap weekend biasanya beli boba. Soalnya rasanya enak, manis. Apalagi ada cash back dari Ovo, jadi gak masalah deh antre panjang,” cerita Rahma dengan antusias pada Tim Energi Bangsa.

Dilansir dari hallosehat.com, dalam setiap sajian boba tea memiliki kandungan gula tambahan seperti sukrosa, fruktosa, galaktosa, dan melezitosa sebesar 38 gram. Tak hanya itu, kandungan kalori dalam satu cup boba tea mencapai 299 kcal. Padahal berdasarkan pendapat dari American Hearts association, kebutuhan gula tambahan tidak boleh lebih dari 150 kcal/hari untuk pria, dan 100 kcal/hari untuk wanita.

Mengonsumsi boba tea dengan frekuensi cukup tinggi dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti diabetes, peningkatan deposit lemak serta peningkatan kadar trigliserida dan kolesterol yang dapat menyebabkan obesitas.

Meski begitu, namun mengonsumsi boba tea tidak sepenuhnya buruk. Tim Energi Bangsa merangkum beberapa manfaat dari mengonsumsi boba tea dalam jumlah yang wajar sebagai berikut.

Meningkatkan Energi

Seperti disebutkan sebelumnya, boba tea mengandung cukup tinggi gula dan kalori. Tak hanya itu, boba yang terbuat dari tapioka ini juga mengandung karbohidrat hingga 50 gram dalam setiap porsi penyajian. Ketiga nutrisi ini dapat diproses oleh tubuh sebagai sumber energi. Namun perlu diingat, kontrol jumlah konsumsinya, ya Sobat Energi.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Boba dalam penyajianya juga ditemani dengan teh yang nikmat. Teh yang disajikan pun beragam seperti teh hitam atau teh hijau sesuai dengan selera. Kandungan teh yang ada dalam boba tea ini diketahui dapat berperan sebagai antioksidan. Polifenol dan katekin dalam teh dapat berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh lho, Sobat Energi.

Mencegah Radikal Bebas

Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, polifenol juga dapat mencegah radikal bebas yang menyerang tubuh. Apabila tubuh tidak memiliki proteksi yang baik, radikal bebas ini dapat menyebabkan munculnya penyakit kronis dan kanker. Duh, jangan sampai begitu ya, Sobat Energi.

Perlu diingat oleh Sobat Energi bahwa setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi pasti akan memberikan dampak baik dan buruk. Sehingga perlu kejelian dalam memilih nutrisi agar selalu sehat ya, Sobat Energi.

Related Articles

Back to top button