Ilustrasi siswa mendaftar sekolah (Foto: Enomali)
Ilustrasi siswa mendaftar sekolah (Foto: Enomali)
Kabar IndonesiaPendidikan

Meski Kontroversi, PPDB Zonasi Dapat Cegah Pergaulan Negatif

0

ENERGIBANGSA.ID – Meski menuai kontra di berbagai wilayah, namun Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 ini juga dirasa memiliki pengaruh positif bagi beberapa orang tua murid.

Dengan berlakunya sistem zonasi, maka anak-anak yang tinggal di dekat kawasan sekolah akan lebih diprioritaskan untuk diterima di sekolah tersebut. Hal ini membuat orang tua murid dapat mengawasi kegiatan anak-anaknya dengan lebih mudah karena berada dalam lingkungan yang dekat dengan mereka. Pertimbangan ini juga dapat membuat orang tua mengontrol anaknya dari pergaulan negatif.

“Kebijakan pemerintah (zonasi) meringankan, menurut saya pribadi. Jadi tidak khawatir dengan anak karena saya tidak jauh dari tempat tinggal. Terutama perempuan ya, kami sangat khawatir dengan adanya tawuran-tawuran,” ucap Asni, salah seorang orang tua murid di SMP 69 Jakarta, Senin (24/6/2019) pada Antaranews.com.

Hal serupa juga disampaikan oleh Yusuf, orang tua murid lain yang menyatakan bahwa sistem zonasi dapat meringankan biaya dan memudahkan anaknya mendapat sekolah meski memiliki nilai kelulusan yang tidak terlalu tinggi.

“Ya kan yang diutamakan yang terdekat dari rumah ya. Ongkosnya juga tidak terlalu besar, bisa diantar. Anak saya juga NEM nya kecil, jadi kalau ada zonasi yang diutamakan yang dekat sini dulu”ujar Yusuf.

Di sisi lain, Kepala Sekolah SMP 69 Jakarta mengatakan bahwa meski penerimaan siswa tahun ini berdasarkan zonasi namun pihaknya tetap mengutamakan nilai yang diperoleh calon murid.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Go International, Bukalapak Luncurkan BukaGlobal

Previous article

Indonesia Kembali Ekspor Biji Pala ke Italia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.