fbpx
Ragam Bangsa

Inilah Perbedaan ‘Nasib’ Indonesia dan Korea Selatan, Bikin Takjub!

ENERGIBANGSA.ID – Wow !! Negara Indonesia dan Korea Selatan ternyata memiliki hari kemerdekaan yang berdekatan. Indonesia merdeka tanggal 17 Agustus 1945 dan Korea Selatan merdeka tanggal 15 Agustus 1945.

Kalau dipikir-pikir, tanggal lahir kedua negara memang hanya selisih dua hari. Namun Korea Selatan yang dulunya lebih miskin dari Indonesia, sekarang justru bisa bertengger di papan atas negara maju.

Keberhasilan Korea Selatan tersebut jelas tak bisa terlepas dari industri hiburannya. Kemenangan film “Parasite” di Piala Oscar beberapa waktu lalu juga menuai pertanyaan. Sebab, baru saat ini film berbahasa asing dinobatkan sebagai film terbaik pada ajang penghargaan film bergengsi di tingkat internasional.

Tak hanya film, industri musik Korea Selatan juga turut andil menembus pasar internasional. Dilansir dari South China Morning Post, Dosen Teori Budaya di Korea National University, Lee Dong Yeon juga mengatakan perusahaan musik Korea Selatan tidak hanya merilis lagu dengan bahasa Korea, melainkan juga dalam bahasa Mandarin, Jepang, Inggris, bahkan Spanyol. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk memperluas pasar K-Pop.

Salah satu content creator yang juga penikmat musik Korea asal Semarang, Budi Satria, menyebut kekhasan musik K-Pop dengan memiliki melodi yang mudah terngiang di kepala serta terdapat sepenggal lirik yang diulang-ulang, sehingga mudah diingat.

“Mendengarkan musik K-Pop tidak cukup hanya sekali dengar, harus berkali-kali. Bahkan ada beberapa lagu yang didengar sekali tidak enak namun setelah lima kali ternyata bagus”, jelas Budi.

Belum lagi industri K-Dramanya yang sangat populer. Industri ini bahkan sudah dinikmati hampir diseluruh dunia. Lantas, siapa yang tidak tau drama Korea Goblin atau “Descendant of The Sun?”

Drama Korea memang tidak dibuat dengan budget yang sedikit. Tak heran kenapa hasilnya luar biasa niat dan bagus. Acting dari para aktor dan aktrisnya pun tak usah diragukan lagi. Kebanyakan dari mereka adalah lulusan universitas seni ternama di Korea Selatan.

Dan, akhir-akhir ini industri pertelevisian Indonesia sudah mulai mengikuti pola Korea Selatan. Banyak acara televisi yang terinspirasi dari serial televisi di Korea. Sinetronnya pun saat ini mulai bergaya seperti drama Korea.

Nah, bisakah Indonesia meraih kesuksesan di kancah internasional lewat industri hiburan seperti Korea Selatan? Simak terus ya sob! (buddy/EB).

Related Articles

Back to top button