Generasi Milenial
Ekonomi & BisnisRagam Bangsa

Menyosong Masa Depan Cerah, Saatnya Milenial Berinvestasi

0

ENERGIBANGSA.ID – Generasi Milenial dikenal sebagai generasi dengan gaya hidup yang konsumptif atau boros. Bedasarkan survei dari GoBankingsRate beberapa saat yang lalu, sebagaimana informasi yang di himpun energibangsa.id, menyebutkan milenial jauh lebih boros daripada generasi-generasi sebelumnya. Berapapun  penghasilan yang diterima akan habis jika kita mengikuti gaya hidup konsumtif tersebut.


Menurut survei tersebut, banyak individu yang menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang tidak diperlukan seperti kopi, makan di luar, hiburan, pakaian, dan alkohol. Ketika dikelompokkan bedasarkan kelompok usia, generasi milenial menghabiskan lebih dari setiap generasi lainnya secara keseluruhan, terutama untuk pakaian dan makan diluar.

Kemudian, masih menurut survei yang sama, bila milenial bisa menghilangkan kebiasaan yang tidak perlu, milenial bisa mengumpulkan uang lebih banyak.

Mark Avallone, seorang penulis dan finansial advisor, mengatakan jika kaum milenial mampu menyimpan uangnya untuk investasi dibanding membeli kopi atau pengeluaran yang tidak perlu, maka semakin lama uang tersebut bertambah.

Direktur Utama PT. Danareksa Investment Management (DIM), Marsangap P Tamba, menjelaskan bahwa penting bagi generasi milenial untuk mempersiapkan masa depan dengan memahami cara mengelola keuangan yang baik dan benar

Oleh sebab itu, bagi generasi milenial yang sudah berpenghasilan sudah saatnya mulai memikirkan untuk berinvestasi di masa depan. Karena investasi akan membantu mempersiapkan kebutuhan di masa depan. Contohnya membeli rumah, liburan beribadah atau mempersiapkan pensiun..

Dengan penghasilan yang diterima sedari dini, milenial harus kelola pengeluaran dan investasi untuk masa depan.

Pemilihan aset investasi pun memegang peranan penting dalam kesuksesan berinvestasi bagi milenial. Untuk tujuan jangka pendek, kaum milenial boleh saja memiliki aset yang lebih konservatif seperti tabungan dan emas

Sementara untuk tujuan jangka panjang, aset investasi yang dipilih sebaiknya yang berpotensi memberikan imbal hasil melebihi tingkat inflasi tahunan.

Secara statistik, beberapa contoh aset investasi yang dapat digunakan untuk jangka panjang contoh nya reksa dana berbasis saham, porsi investasi unit link berbasih saham maupun aset seperti properti.

“Salah satu instrumen investasi yang dapat dimanfaatkan oleh milenial adalah reksa dana , karena merupakan produk investasi yang mudah, aman dan terjangkau sehingga dapat membantu mempersiapkan kebutuhan di masa depan dengan cara menyisihkan dari penghasilan, bukan dengan menunggu kalaui ada sisa. Ini rumus penting yang perlu dicoba,” ujar Marsangap seperti yang dikutip dari kompas.com oleh tim energibangsa.id.

Pernyataan Marsangap diamini juga oleh Rani Sumarni, CMO Bareksa, yang menyebutkan saat ini milenial menginvestasikan uangnya untuk reksadana. Dia juga menyatakan kaum mileinial merupakan pasar potensial bagi perusahaan investasi.

Generasi milenial akan mendapatkan banyak manfaat di masa depan dengan berinvestasi. Pertama, nilai aset dan kekayaan kaum milenial akan semakin meningkat. Kedua, merdeka dalam hal keuangan. Ketiga, menghindari dari inflasi dan yang terakhir menyiapkan masa depan cerah.

Nah sobat energi milenial, yuk mari kita berinvestasi demi masa depan kita semakin cerah…

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Kerupuk, Makanan Ringan yang Berat Tapi Bermanfaat

Previous article

Stem Cell, Pengobatan Teknologi Baru Kaya Manfaat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.