fbpx
Kabar Daerah

Menuju Fakultas yang Kompetitif, Dekan Fakultas Syariah IAIN Salatiga Luncurkan Sharia International Center

SALATIGA, energibangsa.id – Fakultas Syariah IAIN Salatiga terus bergerak mencapai visinya menjadi fakultas yang kompetitif sampai ke ranah internasional.

Salah satu caranya dengan membentuk Sharia International Center.

Peresmian dilakukan secara simbolis dengan penyerahan SK kepengurusan oleh Dekan Fakultas Syariah kepada ketua terpilih, Heru Saputra, S.Pd.I., M.A.  di gedung dekanat Fakultas Syariah Jl. Nakula Sadewa V No 9, Salatiga (13/09/2021).

Menuju Fakultas yang Kompetitif, Dekan Fakultas Syariah IAIN Salatiga Luncurkan Sharia International Center
Penyerahan SK kepengurusan oleh Dekan Fakultas Syariah kepada ketua terpilih, Heru Saputra, S.Pd.I., M.A. di gedung dekanat Fakultas Syariah

Dr. Siti Zumrotun, M.Ag. selaku Dekan Fakultas Syariah sekaligus Dewan Pembina Sharia International Center dalam sambutannya mengatakan,

lembaga di bawah naungan fakultasnya ini akan mampu mewujudkan visi Fakultas Syariah IAIN Salatiga untuk menjadi Fakultas Hukum yang kompetitif di ranah nasional dan internasional.

Ia melanjutkan bahwa sudah ada beberapa lembaga yang ingin bekerja sama dengan Fakultas Syariah, seperti Pengadilan Agama yang membutuhkan ahli Bahasa Inggris spesialisasi Hukum Islam dalam menganalisa perkara.

Selain itu, ada beberapa institusi luar negeri yang dianggap sesuai dengan visi misi pengembangan hukum Islam Fakultas Syariah.

Institusi tersebut dianggap dapat bekerja sama dalam mengembangkan hukum secara luas pada umumnya, dan hukum  Islam pada khususnya.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Syariah, Dr. Ilyya Muhsin, S.H.I., M.Si., menyatakan, penguasaan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab mutlak dibutuhkan demi internasionalisasi Fakultas Syariah.

Ia menegaskan, selain kerja sama dengan institusi luar, pengembangan bahasa bagi internal sivitas akademika juga menjadi hal yang sangat penting.

Sehingga perlu dibentuk sebuah wadah untuk menjalankan pengembangan bahasa di Fakultas Syariah.

Pernyataan Dekan dan Wakil Dekan di atas sebenarnya merujuk pada 3 (tiga) fungsi dan tugas Sharia International Center.

Pertama, melaksanakan pengembangan Bahasa, utamanya mengenai tes TOEFL dan TOAFL, serta Bahasa Inggris spesialisasi hukum islam (syariah).

Kedua, lembaga ini bertugas memberikan bimbingan dan pendampingan beasiswa bagi mahasiswa dan sivitas akademika Fakultas Syariah.

Hal ini dipicu oleh banyaknya beasiswa yang dibuka oleh lembaga internasional dan pemerintah luar negeri, terutama di bidang hukum.

Kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen Fakultas Syariah IAIN Salatiga.

Ketiga, memperluas kerja sama Fakultas Syariah IAIN Salatiga di tingkat nasional maupun internasional.

Era global dengan persoalan yang semakin kompleks ini mewajibkan institusi untuk bekerjasama baik dalam satu maupun lintas disiplin.

Heru Saputra, S.Pd.I., M.A. selaku ketua terpilih mengaku siap memegang amanah tersebut.

“Kami sudah menyiapkan daftar institusi dalam dan luar negeri yang siap dirangkul untuk mengembangkan bidang Hukum Islam atau Syariah ini, serta menyiapkan instrumen pengembangan bahasa, baik Arab maupun Inggris sebagai pilar utama”, tegasnya.

Related Articles

Back to top button